Cegah Banjir, Sodetan Jalan Lingkar Luar Barat Dikebut Rampung Desember
TEMPO.CO | 24/11/2020 04:10
Pemerintah Jakarta Timur mengerahkan satu unit alat berat jenis backhoe untuk menggali lubang sodetan yang menghubungkan Kali Sunter dengan Waduk Pondok Ranggon, Cipayung, Senin (2/3/2020). Proyek sodetan diproyeksikan dapat menanggulangi banjir di kawasa
Pemerintah Jakarta Timur mengerahkan satu unit alat berat jenis backhoe untuk menggali lubang sodetan yang menghubungkan Kali Sunter dengan Waduk Pondok Ranggon, Cipayung, Senin (2/3/2020). Proyek sodetan diproyeksikan dapat menanggulangi banjir di kawasan bantaran. (ANTARA/HO-Kominfotik Jaktim).

TEMPO.CO, Jakarta -Sodetan atau “crossing” di Jalan Lingkar Luar Barat, Kembangan, Jakarta Barat ditargetkan rampung pada Desember 2020 untuk mengantisipasi  banjir yang kerap melanda kawasan tersebut.

“Seluruhnya akan rampung pada 15 Desember,” ujar Kepala Seksi Pembangunan dan Peningkatan Drainase Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Barat, Imam Prasetyo di Jakarta, Senin, 24 November 2020.

Pengerjaan sodetan berukuran tinggi dan lebar 1,2 meter tersebut memakan sebagian badan jalanan sehingga menimbulkan kemacetan lalu lintas pada Senin pagi, 23 November 2020.

Mengatasi hal tersebut, Imam mengatakan pihaknya tengah bekerja cepat menyelesaikan pengecoran sodetan, guna membuat arus lalu lintas lancar mulai besok.

Baca juga : Soal Sodetan Ciliwung, Anies Baswedan: Tahap Apraisal

“Untuk jalanannya, sore ini akan dicor, pagi besok sudah bisa dilalui kendaraan,” ujar dia.
Sodetan tersebut membentuk saluran sepanjang 26 meter. Pengerjaaannya mulai 20 November 2020.

Nantinya sodetan tersebut mengalirkan air genangan dari saluran pinggir trotoar menuju kolong tol.

“Pembuatan ‘crossing’ ini untuk mengatasi genangan yang kerap terjadi di sekitar lampu merah,” ujar dia.

ANTARA


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT