Wagub DKI Sebut Beda Kerumunan di Tebet dan Acara Rizieq Shihab di Petamburan
TEMPO.CO | 23/11/2020 21:50
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memberikan keterangan setelah menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya, Senin, 23 November 2020. Dalam pemeriksaan itu, Riza mengatakan bahwa kerumunan di Tebet merupakan acara dengan jumlah peserta terbanyak
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memberikan keterangan setelah menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya, Senin, 23 November 2020. Dalam pemeriksaan itu, Riza mengatakan bahwa kerumunan di Tebet merupakan acara dengan jumlah peserta terbanyak yang pernah dia datangi saat pandemi. TEMPO/M Julnis Firmansyah

TEMPO.CO, Jakarta - Wakil Gubernur atau Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan pelaksanaan protokol kesehatan saat Maulid Nabi di Tebet sudah terlaksana dengan baik. Pada acara yang digelar Majelis Taklim Al Afaf pimpinan Al Habib Ali bin Abdurrahman, di Tebet, Jakarta Selatan, sudah terlaksana dengan baik. Riza mengatakan dirinya hadir dalam hajatan tersebut.

"Di Tebet secara umum yang saya ketahui, menggunakan masker, kemudian juga ada penjagaan , pengawasan, dan sebagainya," ujar Riza di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin, 23 November 2020.

Meskipun memenuhi standar protokol kesehatan, Riza mengatakan kerumunan di Majelis Taklim Tebet merupakan yang terbanyak dibanding majelis-majelis lain yang pernah ia hadir. Dalam Maulid Nabi di sana, diketahui Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab juga hadir dalam acara tersebut.

Hari ini Riza Patria telah menjalani pemeriksaan di Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya. Pemeriksaan yang dimulai dari jam 11.00 itu baru selesai pada pukul 19.00 atau total 8 jam pemeriksaan.

"Ada 46 pertanyaan, 16 halaman," ujar Riza.

Dalam pemeriksaan itu, Riza mengatakan pihaknya menyampaikan keterangan terkait identitas diri, pekerjaan, jabatan tugas dan wewenangnya sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta kepada penyidik. Selain ditanyai soal kerumunan di Petamburan, Riza juga menyampaikan keterangan ihwal kerumunan Maulid Nabi di Tebet, Jakarta Selatan.

Pimpinan Majlis Taklim Al Afaf, Ali bin Abdurrahman Assegaf berceramah dalam acara Maulid Nabi di kawasan Tebet, Jakarta, Jumat, 13 November 2020. Foto: Istimewa

Sebelumnya, Kepolisian RI telah mengirimkan surat pemanggilan terhadap seluruh pihak yang dinilai bertanggung jawab terkait kerumunan dalam acara resepsi pernikahan puteri Rizieq Shihab. Salah satunya adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan 8 orang Pemprov DKI lainnya yang menjalani pemeriksaan pada Selasa lalu.

Baca juga: 9 Jam Diperiksa, Anies Baswedan: Ada 33 Pertanyaan, Jadi Laporan 23 Halaman

Mereka dimintai klarifikasi tentang dugaan pelanggaran protokol kesehatan sesuai UU Kekarantinaan Wilayah dalam acara yang digelar Rizieq Shihab.

Kendati Wagub DKI Ahmad Riza Patria diperiksa selama 8 jam, jumlah pertanyaan yang diberikan penyidik Polda Metro Jaya kepadanya lebih banyak, yaitu 46 pertanyaan, daripada pertanyaan untuk Anies Baswedan. Pada pemeriksaan 17 November lalu, Anies diperiksa selama 9 jam untuk menjawab 33 pertanyaan soal acara Rizieq Shihab di Petamburan.       


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT