Satgas Covid-19: Sebulan Terakhir Kasus Aktif Turun, Kesembuhan Naik
TEMPO.CO | 14/11/2020 20:30
Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dan Ketua BNPB Doni Monardo. ANTARA/Nova Wahyudi
Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dan Ketua BNPB Doni Monardo. ANTARA/Nova Wahyudi

TEMPO.CO, Jakarta - Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan bahwa terjadi perkembangan positif dalam penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia dalam dua bulan terakhir.

"Terjadi penurunan kasus aktif, kalau kita lihat data yang ada bahwa kasus aktif selama 1 bulan terakhir ini telah turun sebanyak 7,07 persen. Sedangkan angka kesembuhan pun mengalami peningkatan yaitu sebesar 7,34 persen," kata Doni saat konferensi pers, Sabtu, 14 November 2020.

Doni mengatakan di dunia, Covid-19 telah merenggut total 1,7 jiwa. Di Indonesia sendiri, telah lebih dari 15.000 orang wafat, termasuk juga para tenaga kesehatan khususnya dokter. Di dunia, perkembangan terjadi tren kenaikan kasus yang sangat tinggi dalam beberapa waktu belakangan.

Karena itu, perkembangan positif di dalam negeri ini menjadi hal yang menggembirakan. Angka kesembuhan kita yang semakin baik berada pada posisi 83,8 persen. Namun di tingkat global angka tersebut mengalami penurunan.

"Kita juga bersyukur telah lebih dari 388 ribu orang yang telah sembuh walaupun kita akui angka kematian kita masih relatif berada diatas angka kesembuhan global yaitu 3,3 persen," kata Doni.

Doni Monardo mengingatkan semua pihak agar dapat bekerjasama, dan saling bahu-membahu, saling membantu dalam menerapkan protokol kesehatan. Satgas mendorong seluruh komponen masyarakat didukung oleh para relawan dan juga TNI Polri bisa melakukan berbagai langkah dan upaya.

Hal ini bisa dilakukan melalui himbauan melalui berbagai macam kegiatan. Diharapkan, kesadaran kolektif dapat meningkat agar upaya-upaya patuh kepada kesehatan betul-betul bisa dilaksanakan.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT