CEO PasarPolis Ungkap 3 Alasan Masyarakat Ragu Beli Asuransi
TEMPO.CO | 07/11/2020 20:54
Ilustrasi keluarga bahagia
Ilustrasi keluarga bahagia

TEMPO.CO, Jakarta - Founder dan CEO dari perusahaan insurtech, PasarPolis, Cleosent Randing, membeberkan tiga masalah utama yang selama ini membuat masyarakat ragu untuk membeli asuransi. Menurut dia, industri asuransi harus fokus menemukan solusi dari ketiga permasalahan ini.

Dua masalah utama adalah rumitnya akses menuju produk asuransi dan proses klaim yang kurang efisien. “Ini harus dipecahkan melalui proses administrasi yang mudah," kata dia dalam keterangan tertulis pada Jumat, 6 November 2020.

Menurut dia, kemudahan harus diberikan, mulai dari registrasi dan pembelian hingga klaim. Cleosent mengatakan kedua kendala ini dapat diatasi dengan pemanfaatan teknologi, hanya dalam genggaman di gadget nasabah.

Masalah terakhir adalah premi asuransi yang tidak terjangkau oleh masyarakat menengah ke bawah. Padahal, kata Celosent, merekalah yang merupakan kelompok paling rentan dan paling membutuhkan proteksi.

Di sisi lain, industri asuransi kini, terutama nama-nama yang sudah besar, sedang terlilit sejumlah kasus. Kasusnya yaitu gagal bayar, mulai dari PT Asuransi Jiwa Kresna atau Kresna Life, PT Asuransi Jiwasraya, hingga PT Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912.

Cleosent tidak menyinggung sejumlah kasus di industri asuransi ini. Tapi, Ia menyebut bahwa PasarPolis yang Ia dirikan, telah membuktikan dampak positif teknologi dalam menjangkau masyarakat, bahkan hingga ke lapisan yang sebelumnya sulit mengakses layanan keuangan formal.

Selama tahun 2019 lalu, kata dia, PasarPolis menerbitkan lebih dari 650.000.000 polis untuk masyarakat yang sebelumnya tidak terjangkau oleh layanan asuransi. Mereka seperti pengemudi ojek online, kurir pengiriman barang, dan pelaku UMKM online, yang juga merupakan lebih dari 40 persen pelanggan PasarPolis.

Baca: Muluskan Program Penyelamatan, Jiwasraya Mutakhirkan Data Pemegang Polis

FAJAR PEBRIANTO


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT