Bertahan di Masa Pandemi dengan Program Pemulihan Ekonomi Nasional
TEMPO.CO | 03/11/2020 11:52
Diskusi virtual Ngopi bertajuk "Dampak Ekonomi Program PEN dan Prospek Ekonomi Indonesia Tahun 2021" yang akan diselenggarakan oleh PT SMI pada Rabu, 4 November 2020.
Diskusi virtual Ngopi bertajuk "Dampak Ekonomi Program PEN dan Prospek Ekonomi Indonesia Tahun 2021" yang akan diselenggarakan oleh PT SMI pada Rabu, 4 November 2020.

INFO NASIONAL - Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia memberi dampak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, baik dalam skala nasional maupun daerah. Upaya pemerintah dalam menjaga kestabilan pertumbuhan ekonomi nasional dilakukan dengan meluncurkan instrumen kebijakan berupa program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (PT SMI) sebagai Special Mission Vehicle (SMV) Kementerian Keuangan, ditugaskan untuk membantu implementasi program PEN khususnya kepada Pemerintah Daerah melalui mekanisme Pinjaman PEN Daerah (PENDA). Dengan adanya program PENDA ini diharapkan dapat menjaga perputaran roda ekonomi di daerah sehingga terus membangun optimisme bagi masyarakat.

Selain menyalurkan pembiayaan PENDA, PT SMI juga turut memberikan prediksi terkait kondisi perekonomian Indonesia khususnya di sektor infrastruktur serta membahas berbagai rencana serta arah kebijakan yang sedang disusun bersama pemerintah.

Topik ini akan menjadi bahasan pada acara Ngobrol Pembangunan Indonesia (NGOPI) bertema “Dampak Ekonomi Program PEN Pemerintah dan Prospek Ekonomi Indonesia Tahun 2021”, yang akan diselenggarakan secara live streaming melalui Zoom, YouTube PT SMI, Facebook dan YouTube Tempo, pada Rabu, 4 November 2020, pukul 13.00-14.30 WIB.

Diskusi ini akan menghadirkan sejumlah narasumber berkompeten, seperti Masyita Crystallin, Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Perumusan Kebijakan Fiskal dan Makroekonomi; Edwin Syahruzad, Direktur Utama PT SMI; dan I Kadek Dian Sutrisna, Chief Economist PT SMI. Selain itu, acara akan di moderatori oleh Tomi Aryanto, Direktur Tempo.co, serta MC Tike Priatnakusumah. Tidak ketinggalan, diskusi virtual ini pun akan menampilkan persembahan musik yang menarik dari Band Good Morning Everyone.

Selain stakeholders eskternal PT SMI, yaitu para pelaku bisnis swasta/BUMN yang berasal dari sektor keuangan dan infrastruktur, acara ini rencananya juga akan dihadiri oleh lebih kurang 500 undangan yang akan diakomodir melalui platform virtual dan live streaming Youtube.(*)


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT