Urai Kepadatan Arus Balik, Contraflow di Tol Jakarta-Cikampek Diberlakukan
TEMPO.CO | 01/11/2020 16:59
Sejumlah kendaraan melaju di jalan tol Jakarta - Cikampek (Japek) KM 47, Karawang, Jawa Barat, Rabu, 28 Oktober 2020. Ribuan kendaraan meninggalkan Jakarta di hari pertama liburan panjang akhir pekan. ANTARA/M Ibnu Chazar
Sejumlah kendaraan melaju di jalan tol Jakarta - Cikampek (Japek) KM 47, Karawang, Jawa Barat, Rabu, 28 Oktober 2020. Ribuan kendaraan meninggalkan Jakarta di hari pertama liburan panjang akhir pekan. ANTARA/M Ibnu Chazar

TEMPO.CO, Jakarta - PT Jasa Marga (Persero) Tbk atas diskresi Kepolisian memberlakukan rekayasa lalu lintas contraflow di Tol Jakarta-Cikampek mulai dari Kilometer 65 sampai dengan Kilometer 47 arah Jakarta sejak pukul 13.53 WIB.

"Dengan diberlakukannya contraflow, diharapkan dapat mencairkan kepadatan yang terjadi di Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek," ujar General Manager Representative Office 1 Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division Widiyatmiko Nursejati dalam keterangan tertulis, Ahad, 1 November 2020.

Jasa Marga mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar memastikan kendaraan dalam keadaan prima, saldo uang elektronik cukup, mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan serta membawa bekal untuk menghindari kerumunan atau kepadatan di rest area.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi puncak arus balik kendaraan menuju Jakarta dan sekitarnya pada periode libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW serta cuti bersama terjadi pada hari ini.

Untuk menghindari potensi terjadinya penumpukan kendaraan karena pulang bersamaan di hari ini, perseroan mengimbau pengguna jalan agar mengantisipasi waktu-waktu favorit untuk kembali ke Jakarta, yaitu di sekitar sore-malam hari.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru menjelaskan bahwa Jasa Marga memprediksi sekitar 208.134 kendaraan menuju Jakarta, meningkat sekitar 29 persen dari lalu lintas (lalin) new normal.

“Angka prediksi tersebut merupakan angka kumulatif lalu lintas yang akan memasuki Jakarta di beberapa Gerbang Tol (GT) Barrier/utama, yaitu GT Cikupa (arah Barat), GT Ciawi (arah Selatan) serta GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Timur), dengan mayoritas pengguna jalan berasal dari arah Timur,” kata Heru.

Sementara itu Heru menggarisbawahi, Jasa Marga mencatat di hari pertama arus balik libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW serta cuti bersama ini sekitar 160 Ribu kendaraan telah kembali ke Jakarta pada hari Sabtu, 31 Oktober 2020. Angka ini naik sekitar 36 persen dari lalu lintas new normal.

Baca: Jalan Tol Jakarta-Cikampek Masih Macet, Contraflow Diperpanjang hingga KM 65


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT