4 Tewas dan 120 Luka-luka Dalam Gempa Turki
TEMPO.CO | 30/10/2020 21:32
Gempa dengan daya 7 skala richter meggoncang pesisir barat Turki, 30 Oktober 2020. Puluhan bangunan runtuh (Sumber: Getty)
Gempa dengan daya 7 skala richter meggoncang pesisir barat Turki, 30 Oktober 2020. Puluhan bangunan runtuh (Sumber: Getty)

TEMPO.CO, Jakarta - Empat orang dikabarkan tewas dalam gempa Turki berdaya 7 skala richter pada Jumat ini, 30 Oktober 2020. Hal itu dikonfirmasi oleh Menteri Kesehatan Turki, Fahrettin Koca, dalam keterangannya di Twitter.

"Total, ada 120 warga Turki yang terdampak (luka-luka) di bencana ini," ujar Koca menambahkan, dikutip dari CNN.

Diberitakan sebelumnya, gempa tersebut mengguncang kawasan pesisir barat Turki, berdekatan dengan Pulau Samos, Laut Aegean. Dikutip dari situs Express, titik gempa berada pada jarak 11 mil (17 kilometer) dari pesisir barat Turki dan bergoncang pada pukul 13.51 waktu setempat.

Izmir adalah salah satu kota yang terdampak gempa tersebut. Gedung-gedung di sana runtuh, diikuti dengan ombak-ombak besar di kawasan pantainya. Warga yang berada di sana berkumpul di jalanan untuk menyelamatkan diri. Per berita ini ditulis, tercatat ada 20 bangunan yang runtuh di sana.

Selain Izmir, kota yang terdampak adalah Bornova dan Bayrakli. Bangunan-bangunan di sana juga hancur menurut berbagai laporan. Bahkan, berdasarkan keterangan US Geological Survey, gempa juga terasa hingga Yunani, terutama di Pulau Samos.

Presiden Turki Reccep Tayyip Erdogan melalui Twitter-nya menyampaikan duka untuk warga Kota Izmir. "Semoga cepat sembuh zmir," cuitnya

"Dengan semua sarana negara kami, kami mendukung warga kami yang terkena dampak gempa. Kami mengambil tindakan untuk memulai pekerjaan yang diperlukan di wilayah tersebut dengan semua lembaga dan menteri kami yang relevan," kata Erdogan

ISTMAN MP | CNN

https://edition.cnn.com/europe/live-news/aegean-sea-earthquake-dle-intl/index.html


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT