Jokowi Minta Kerja Sama Pertahanan dengan Amerika Serikat Diperkuat
TEMPO.CO | 29/10/2020 15:08
Presiden Joko Widodo menerima kunjungan dari Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Michael R. Pompeo, Kamis, 29 Oktober 2020 di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.  Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo menerima kunjungan dari Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Michael R. Pompeo, Kamis, 29 Oktober 2020 di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menggelar pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Michael R. Pompeo, Kamis, 29 Oktober 2020 di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Dalam kesempatan itu, Jokowi meminta adanya peningkatan kerja sama pertahanan di antara kedua negara. "Presiden juga menginginkan agar kerja sama pertahanan dengan Amerika Serikat meningkat," ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, usai pertemuan tersebut.

Retno mengatakan bila dilihat dari intensitas saling kunjung, maka intensitas yang paling sering adalah antara pejabat Indonesia dan Amerika Serikat. Hal ini terlihat dari kunjungan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto ke Amerika Serikat beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, Under Secretary Defense Amerika Serikat juga berkunjung ke Indonesia, kemudian delegasi dari DFC juga berkunjung ke Indonesia. "Intensitas kunjungan ini menunjukkan komitmen kedua negara untuk memperkuat hubungan bilateral," kata Retno.

Adapun menurut Retno, Pompeo mengatakan Indonesia dinilai oleh Amerika serikat memainkan peran yang khusus di kawasan Indonesia. Indonesia adalah jangkar ASEAN. Jokowi pun disebut Retno menginginkan Amerika sebagai true friend of Indonesia. "Oleh karena itu dengan peran besar Indonesia ini maka mereka betul-betul ingin menjalin hubungan yang lebih baik dengan Indonesia," kata Retno.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT