Satgas Covid-19 Luncurkan Aplikasi Pantau Perubahan Perilaku
TEMPO.CO | 29/10/2020 13:31
Anggota Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Dewi Nur Aisyah dalam tangkapan layar akun Youtube BNPB Indonesia saat menayangkan bincang-bincang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang diikuti di Jakarta, Senin, 15 Juni 2020. Kredit
Anggota Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Dewi Nur Aisyah dalam tangkapan layar akun Youtube BNPB Indonesia saat menayangkan bincang-bincang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang diikuti di Jakarta, Senin, 15 Juni 2020. Kredit: ANTARA/Dewanto Samodro

TEMPO.CO, Jakarta - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 meluncurkan aplikasi bernama Bersatu Lawan Covid-19. Sistem ini dapat digunakan oleh TNI, Polri dan relawan untuk melaporkan perubahan prilaku masyarakat seperti mencuci tangan, menjaga jarak dan memakai masker.

“Tujuan utamanya memantau kepatuhan masyarakat di kerumunan,” kata Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas Covid-19, Dewi Nur Aisyah dalam diskusi daring, Kamis, 29 Oktober 2020.

Dewi mengatakan perubahan prilaku perlu penanganan lebih serius. Dia mengatakan aplikasi digital ini merupakan upaya promotif dan preventif untuk menangani Covid-19.

Dia mengatakan inovasi dengan sistem Bersatu Lawan Covid-19 dirancang untuk menghasilkan data secara real time, terigentrasi, dan sistematis dan melibatkan koordinasi antar dan lintas sektor.

Dewi mengatakan petugas dapat melaporkan pelanggaran protokol kesehatan di tempat-tempat keramaian seperti pasar, mall, tempat wisata, tempat ibadah dan restoran. Tujuannya, untuk memantau kepatuhan masyarakat.

“Yang melaksanakan pemantauan petugas di lapangan mereka tinggal memasukan angka saja, nanti semua laporan terkumpul,” kata dia.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT