Anies Beri 5 Tips Manfaatkan Waktu Libur Panjang: Wisata Virtual Hingga Video Call
TEMPO.CO | 29/10/2020 10:37
Anies Baswedan dengan batik yang dikenakan untuk memperingati Hari Batik Nasional.Instagram
Anies Baswedan dengan batik yang dikenakan untuk memperingati Hari Batik Nasional.Instagram

TEMPO.CO, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membagikan tips memanfaatkan libur panjang tanpa harus pergi mudik. Libur panjang akhir Oktober ini telah dimulai sejak 28 Oktober hingga 1 November 2020.

"Liburan itu nggak harus berpergian atau jalan-jalan kok. Berikut alternatif kegiatan asyik yang bisa kamu lakukan bareng keluarga di rumah," tulis Anies di akun instagramnya @aniesbaswedan, Rabu, 28 Oktober 2020.

Baca Juga: Terpopuler Metro: Demo Tuntut Anies Baswedan Turun, Wanita Mau Bakar Balai Kota

Anies membagikan lima tips libur tetap asyik tanpa mudik di tengah pandemi Covid-19. Pertama memanfaatkan aplikasi video call atau komunitas melalui video yang tersedia.

Pertemuan tatap muka untuk sementara lebih baik digantikan dengan teknologi ini. Jangan ragu menghubungi keluarga dan teman untuk saling bertukar kabar dan menjaga kesehatan mental akibat pandemi yang tak kunjung selesai.

Kedua buat daftar kegiatan di dalam dan luar rumah. Buat daftar kegiatan seru untuk mengusir kebosanan selama libur panjang. Memasak, main game, nonton film, berkebun, dan olahraga bisa menjadi alternatif dan penyegaran otak sebelum kembali beraktivitas.

Ketiga adalah wisata virtual. Kata Anies, warga tidak perlu keluar rumah, uang transportasi dan khawatir tertular virus di kerumunan tempat wisata. "Di Jakarta ada wisata virtual. Kamu bisa menjelajahi Kota Jakarta mulai dari Monas, Dufan hingga Museum."

Keempat, ikut Webinar. Alihkan dana mudik atau liburan untuk membeli kuota internet tanpa batas. Manfaat waktu untuk mengembangkan keterampilan. Segera daftarkan diri untuk mengikuti Webinar sesuai kemampuan yang ingin dikembangkan.

Terakhir adalah staycation. Yakinkan dan jelaskan kepada keluarga bahwa tidak mudik atau liburan di tengah pandemi merupakan langkah bijak, aman dan sehat untuk keluarga dan kesehatan bersama.

"Covid-19 masih ada di sekitar kita. Antisipasi lonjakan kasus selama libur panjang dengan quality time bersama keluarga dan teman untuk saling bertukar kabar. Jangan lupa disiplin terapkan protokol kesehatan 3M dan PHBS."

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT