Puncak Arus Balik 1 November, Kendaraan Sumbu 3 Dilarang di Tol Jakarta-Cikampek
TEMPO.CO | 29/10/2020 09:04
Sejumlah kendaraan melintas di tol Jakarta-Cikampek, Jatimulya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu, 28 Oktober 2020. Menurut data PT Jasa Marga (Persero) Tbk pada libur panjang cuti bersama dan Maulid Nabi SAW terjadi peningkatan kendaraan sebanyak 51,6 p
Sejumlah kendaraan melintas di tol Jakarta-Cikampek, Jatimulya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu, 28 Oktober 2020. Menurut data PT Jasa Marga (Persero) Tbk pada libur panjang cuti bersama dan Maulid Nabi SAW terjadi peningkatan kendaraan sebanyak 51,6 persen yang meninggalkan Jakarta. ANTARA/ Fakhri Hermansyah

TEMPO.CO, Jakarta – Kementerian Perhubungan akan melarang sementara kendaraan barang sumbu tiga ke atas melintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada puncak arus balik libur cuti bersama Maulid  Nabi Muhammad SAW, Sabtu, 31 Oktober, hingga Ahad, 1 November 2020. Larangan dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan di jalur bebas hambatan.

“Ini berlaku Sabtu malam sampai Minggu pagi pukul 08.00 WIB,” tutur Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenbub Budi Setiyadi saat dihubungi pada Kamis, 29 Oktober 2020.

Budi Setiyadi menjelaskan, saat puncak arus balik berlangsung, kendaraan barang dari arah timur menuju barat akan dikeluarkan di Gerbang Tol Palimanan IV. Kendaraan-kendaraan tersebut baru dibolehkan kembali masuk ke jalur bebas hambatan melalui Gerbang Tol Cikarang Barat.

Kepadatan volume lalu-lintas saat arus balik diperkirakan didominasi kendaraan yang berasal dari arah timur, seperti Jawa Timur dan Jawa Tengah. Budi Setiyadi belum bisa memastikan prediksi peningkatan volume kendaraan dibandingkan dengan lalu-lintas rata-rata harian.

Adapun pembatasan kendaraan barang sebelumnya telah dilakukan saat puncak arus mudik 27-28 Oktober untuk mencegah kemacetan. PT Jasa Marga (Persero) Tbk. mencatat kendaraan meninggalkan Jakarta pada 27 Oktober mencapai 147 ribu kendaraan. Sedangkan untuk 28 Oktober, Jara Marga belum menyampaikan pembaruan informasi.

FRANCISCA CHRISTY ROSANA

Baca juga: Polisi Prediksi Puncak Arus Libur Panjang Keluar Kota Jakarta hingga Rabu Pagi


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT