Bangka Belitung Akan Bangun Pelabuhan Penyebarangan Pulau Seliu
TEMPO.CO | 26/10/2020 05:17
Petugas memeriksa identitas pemudik gratis bersepeda motor dari Jakarta yang baru turun dari kapal milik PT Pelni, KM Camara Nusantara 3 dan Sabuk Nusantara 84, di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah, Senin, 11 Juni 2018. Sebanyak 627 sepeda moto
Petugas memeriksa identitas pemudik gratis bersepeda motor dari Jakarta yang baru turun dari kapal milik PT Pelni, KM Camara Nusantara 3 dan Sabuk Nusantara 84, di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah, Senin, 11 Juni 2018. Sebanyak 627 sepeda motor bersama 1.119 pemudik gratis tiba di Semarang dengan menggunakan enam kapal milik PT Pelni. ANTARA FOTO/R. Rekotomo

TEMPO.CO, Jakarta - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan membangun pelabuhan penyeberangan kapal penumpang dan barang di Pulau Seliu, Kabupaten Belitung, untuk meningkatkan konektivitas antarpulau kecil daerah itu. 

"Kami telah meninjau lokasi pembangunan pelabuhan ini dan mudah-mudahan awal 2021 mulai dibangun," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Babel, K.A Tajuddin di Pangkalpinang, Minggu 25 Oktober 2020.

Ia mengatakan pihaknya bersama Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Babel, Dishub Kabupaten Belitung, dan beberapa instansi terkait lainnya telah melakukan survei lokasi, sebagai langkah mempercepat pembangunan pelabuhan penyeberangan bagi masyarakat Pulau Seliu.

"Dengan survei bersama ini, tentunya akan memberikan kejelasan atas pelaksanaan pembangunan pelabuhan penyeberangan, juga akan memberikan dampak positif terhadap perekonomian masyarakat di Pulau Seliu," ujarnya.

Menurut dia pelabuhan penyeberangan di Pulau Seliu ini akan menyambung konektivitas antar pulau yang ada di Bangka Belitung, karena posisi pulau ini berada di tengah dan strategis untuk menghubungkan antarpulau kecil di Pulau Bangka dan Belitung.



"Dengan adanya pelabuhan tersebut, potensi pariwisata yang ada di Desa Seliu akan berkembang,” tambahnya.

Kepala Desa Pulau Seliu, Edyar mengapresiasi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman karena telah menindaklanjuti survei pembangunan pelabuhan penyeberangan di Pulau Seliu.

"Terima kasih kepada gubernur yang telah memberikan apresiasinya untuk menindaklanjuti usulan desa Pulau Seliu, dalam meninjau rencana lokasi pelabuhan penyeberangan," ujarnya. 

Baca: Pembangunan Pelabuhan Kargo Labuan Bajo Diklaim Hampir 30 Persen


 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT