Xi Jinping Minta Militer Cina Mempercepat Modernisasi
TEMPO.CO | 24/10/2020 02:03
Kongres Nasional Cina dipimpin Presiden Xi Jinping dimulai Jumat, 22 Mei 2020. [XINHUA NEWS]
Kongres Nasional Cina dipimpin Presiden Xi Jinping dimulai Jumat, 22 Mei 2020. [XINHUA NEWS]

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Cina, Xi Jinping, mengatakan negaranya tidak akan membiarkan kedaulatan, keamanan dan kepentingan pembangunannya dilemahkan.

Dia mengatakan ini terkait peringatan 70 tahun pasukan Tentara Pembebasan Rakyat Cina atau PLA memasuki ajang Perang Korea untuk melawan pasukan Amerika Serikat.

Xi Jinping tidak secara langsung merujuk kepada AS saat ini, yang hubungannya dengan Cina telah jatuh ke titik terendah terkait sengketa dagang, pencurian teknologi canggih, perlindungan HAM, Hong Kong, Taiwan hingga pandemi Covid-19.

Taiwan telah menjadi titik panas dalam eskalasi ketegangan militer antara Cina dan Amerika Serikat.

“Biarkan dunia tahu bahwa rakyat Cina sekarang terorganisir dan tidak akan diremehkan,” kata Xi Jinping di Balai Agung Rakyat sambil mengutip pernyataan dari pendiri Cina, Mao Zedong, seperti dilansir Reuters pada Jumat, 23 Oktober 2020.

Xi juga mengatakan aksi sepihak, proteksionisme, perisakan akan gagal. Xi mengatakan ini saat peringatan pengerahan pasukan PLA ke Semenanjung Korea untuk membantu Korea Utara berperang melawan pasukan Korea Selatan yang didukung Amerika Serikat dan PBB. Perang ini berlangsung pada 1950-53.

Xi mengulangi seruannya untuk mempercepat  modernisasi militer dan sistem pertahanan negara. “Tanpa pasukan yang kuat, tidak ada Tanah Air yang kuat,” kata dia. Cina mengerahkan sekitar 2 juta pasukan untuk membantu Korea Utara dengan dukungan serangan udara dari Uni Sovyet.

Sumber

https://www.reuters.com/article/us-koreanwar-anniversary-china/on-war-anniversary-xi-says-chinas-interests-wont-be-undermined-idUSKBN2780BD


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT