KAI Sumatera Utara Akan Mengoperasikan Kembali Kereta Api Secara Bertahap
TEMPO.CO | 23/10/2020 02:38
Ilustrasi Kereta Api Indonesia. Getty Images
Ilustrasi Kereta Api Indonesia. Getty Images

TEMPO.CO, Medan - Manajemen PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre I Sumut secara bertahap akan mengoperasikan kembali sejumlah kereta api yang belum beroperasi sejak dihentikan sementara untuk mendukung pencegahan penyebaran COVID-19.

Manager Humas PT KAI Divre I Sumut Mahendro Trang Bawono mengatakan hingga pekan ini, frekuensi perjalanan kereta api (KA) di Sumut sudah 32 KA pergi dan pulang (PP) dari saat normal sebanyak 48 KA.

Sebanyak 32 KA itu, masing-masing, KA Sri Lelawangsa rute Medan - Binjai - Medan sebanyak 24 KA (PP). Kemudian KA Putri Deli, Medan - Tanjungbalai - Medan, enam KA (PP) dan dua KA Sireks , rute Medan - Siantar-Medan (PP).

Dia mengakui, pengoperasian kembali perjalananan KA jarak menengah dan lokal itu secara bertahap, untuk. mendukung upaya pemerintah menekan penyebaran COVID-19.

"Tentunya ketika sudah aman dari COVID, KAI mengoperasikan seluruh perjalanan KA yang normalnya 48 KA per hari," katanya, Kamis 22 Oktober 2020.
.
Mahendra menegaskan, dalam pengoperasian KA, KAI menerapkan. protokol kesehatan yang ketat terhadap calon penumpang dan karyawan KAI Sumut.

Memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak wajib dilakukan penumpang dan semua petugas KA.

"KAI Sumut berharap COVID-19 mereda dan permintaan tiket terus meningkat sehingga selain masyarakat terlayani maksimal, kinerja perusahaan juga membaik," katanya.

Berdasarkan data, ujar Mahendro, jumlah penumpang KA di Sumatera Utara, mulai meningkat sejak Juli atau sebanyak 71.081 orang di posisi September 2020. "Jumlah penumpang KA di Sumut terus meningkat dari Mei yang hanya 8.435 orang," ujar Mahendro.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT