35 Kabupaten Kota Stagnan di Zona Oranye Covid-19, Wiku: Zona Nyaman
TEMPO.CO | 21/10/2020 06:25
Juru Bicara Satgas COVID-19 yang baru, Wiku Adisasmito saat memberikan keterangan terkait update pandemi tersebut di Indonesia . Pemerintah resmi menunjuk Wiku Adisasmito menjadi juru bicara pemerintah menggantikan Achmad Yurianto. Ketua Tim Pakar GTPPC-1
Juru Bicara Satgas COVID-19 yang baru, Wiku Adisasmito saat memberikan keterangan terkait update pandemi tersebut di Indonesia . Pemerintah resmi menunjuk Wiku Adisasmito menjadi juru bicara pemerintah menggantikan Achmad Yurianto. Ketua Tim Pakar GTPPC-19 (KOMBEN BNPB/M Arfari Dwiatmodjo)

TEMPO.CO, Jakarta - Juru bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyebut ada sejumlah kabupaten kota yang berada di zona nyaman atau stagnan berada di zona risiko sedang.

"Dalam 5 minggu terakhir sebagian besar kabupaten kota masih stagnan berada di zona risiko sedang dan zona oranye," kata Wiku dalam konferensi pers, Selasa, 20 Oktober 2020.

Wiku mengatakan, hal tersebut nampak dari semakin sedikitnya kabupaten kota yang berada di zona kuning dan hijau karena berpindah ke zona oranye.

Ia pun berharap pemerintah daerah keluar dari zona nyaman tersebut, bekerja lebih keras untuk keluar dari zona oranye dan berpindah ke zona kuning atau hijau.

Menurut Wiku, perpindahan zona risiko rendah ke lebih tinggi merupakan tanda-tanda bahwa pemda dan masyarakat terlal nyaman dan mulai melupakan pentingnya upaya pencegahan Covid-19. "Kami minta kesungguhan pemda dan masyarakat menjalankan protokol kesehatan yang ketat dan tegas agar dapat kembali ke risiko lebih rendah di minggu-minggu ke depan," kata dia.

Berdasarkan data yang dipaparkan Wiku, ada 35 kabupaten kota risiko rendah menjadi sedang, antara lain sebagai berikut:

Aceh
-Aceh Timur

Sumater Utara
-Nias Selatan

Bengkulu
-Bengkulu Utara

Lampung
-Tulang Bawang
-Pesawaran
-Tulang Bawang Barat

Kepulauan Bangka Belitung
-Bangka Belitung
-Belitung
-Bangka Barat

Jawa Barat
-Bandung
-Tasikmalaya
-Sumedang
-Kota Tasikmalaya

Nusa Tenggara Barat
-Sumbawa
-Lombok Utara

Nusa Tenggara Timur
-Sumba Barat
-Nagekeo

Kalimantan Utara
-Nunukan
-Kota Tarakan

Sulawesi Tengah
-Tolitoli
-Banggai Kepulauan
-Parigi Moulong
-Banggai Laut
-Morowali Utara

Sulawesi Selatan
-Kepulauan Selayar
-Wajo
-Luwu

Sulawesi Tenggara
-Muna
-Wakatobi
-Kolaka Timur

Sulawesi Barat
-Mamuju Tengah

Maluku
-Seram Bagian Barat

Maluku Utara
-Halmahera Barat
-Halmahera Timur

Papua
-Puncak Jaya

FRISKI RIANA

#cucitangan #jagajarak #pakaimasker


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT