Atasi Banjir di Green Garden, Jakarta Barat Bikin Kolakan
TEMPO.CO | 19/10/2020 04:09
Sebuah perahu kayu membawa warga melintasi banjir di jalan Panjang, Green Garden, Kedoya, Jakarta Barat, 18 Januari 2013. ANTARA/M Agung Rajasa
Sebuah perahu kayu membawa warga melintasi banjir di jalan Panjang, Green Garden, Kedoya, Jakarta Barat, 18 Januari 2013. ANTARA/M Agung Rajasa

TEMPO.CO, Jakarta - Sebuah kolam kolakan atau penampungan air sementara akan dibuat di sekitar Jalan Green Garden, Jakarta Barat, untuk mengatasi banjir yang kerap merendam kawasan itu.

Dalam kunjungan ke daerah rawan banjir itu, Wakil Wali Kota Jakarta Barat Yani Wahyu Purwoko berharap kolam penampungan air sementara itu bisa mengatasi banjir.   

"Kita cari dulu titik permasalahannya, kenapa kawasan ini sering banjir saat hujan turun," kata Yani di Green Garden, Minggu 18 Oktober 2020.

Pemkot Jakarta Barat memutuskan membuat kolakan dekat SPBU. "Kami akan buat kolam kolakan yang panjangnya 50 meter, lebar tiga meter dengan kedalaman dua meter," kata Yani.

Pada saat hujan, air akan ditampung di kolam kolakan itu. "Setelah penuh, air kita buang ke saluran penghubung menuju Kali Mookevart," kata Yani.

Baca juga: Embung dan Normalisasi Jadi Solusi 3 Lokasi Rawan Banjir Jakarta Barat

Pada saat ini, Pemkot Jakarta Barat telah meminta Suku Dinas Sumber Daya Air dan Pertamanan un tuk mempersiapkan lahan yang akan digunakan sebagai kolakan pencegah banjir tersebut. "Untuk pohon-pohonnya, kita pindahkan," kata Yani.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT