CGV Cinemas Tunggu Keputusan Pemprov DKI Jakarta untuk Buka Bioskop
TEMPO.CO | 18/10/2020 20:48
Pekerja menggunakan alat pelindung wajah saat menutup pintu seusai simulasi pembukaan dan peninjauan tempat hiburan bioskop CGV Cinemas di Bandung Electronic Center (BEC), Bandung, Jawa Barat, Kamis 9 Juli 2020. Simulasi tersebut dilakukan dalam rangka pe
Pekerja menggunakan alat pelindung wajah saat menutup pintu seusai simulasi pembukaan dan peninjauan tempat hiburan bioskop CGV Cinemas di Bandung Electronic Center (BEC), Bandung, Jawa Barat, Kamis 9 Juli 2020. Simulasi tersebut dilakukan dalam rangka peninjauan kesiapan tempat hiburan bioskop dalam penerapan protokol kesehatan seperti penggunaan alat pelindung wajah bagi karyawan, pembatas jaga jarak, masker, sarung tangan dan cairan disinfektan seiring tatanan normal baru di tengah pandemi COVID-19. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

TEMPO.CO, Jakarta - Head of Sales and Marketing CJ CGV Cinemas, Manael Sudarman, mengatakan perusahaan siap mengikuti prosedur untuk membuka kembali bioskop. Dia mengatakan CGV sedang menunggu keputusan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Jadi, buka atau tidak kami menunggu dulu hasil assesment dari pemerintah," kata Manael saat dihubungi, Ahad, 18 Oktober 2020.

Dia mengatakan sudah mengajukan izin ke Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta untuk pembukaan bioskop kembali. Menurut dia, bila Pemprov DKI sudah menerima surat pengajuan maka akan berkunjung sekaligus meninjau kesiapan bioskop CGV Cinemas.

Dia mengatakan Pemprov DKI akan memberikan assesmentnya dan akan memberi rekomendasi apakah diizinkan buka atau tidak atau ada catatan-catatan lain. Bila diizinkan buka, Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif akan menerbitkan SK untuk perizinan pembukaan kembali bioskop.

Sebelumnya, Kepala Bidang Industri Pariwisata Bambang Ismadi mengatakan di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB transisi, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperbolehkan bioskop untuk buka. Namun, ada prosedur yang harus dilewati oleh pengusaha bioskop.

Prosedur pertama, menurut Bambang, adalah permohonan persetujuan teknis untuk membuka usaha. “Ditujukan ke Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” ujar Bambang di Gedung DPRD DKI pada Senin, 12 Oktober 2020.

Selanjutnya, kata dia, Dinas Pariwisata akan mengirim tim gabungan yang sudah dibentuk. "Pada dasarnya bioskop belum buka sebelum ada persetujuan dari Dinas Pariwisata," kata Bambang.

Baca juga: Bioskop XXI Tunda Pembukaan karena Keterbatasan Film

HENDARTYO HANGGI


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT