Jadi Presiden Komisaris Sentul City, Basaria Panjaitan Akan Terapkan Program KPK
TEMPO.CO | 18/10/2020 06:08
Basaria Panjaitan. TEMPO/Andita Rahma
Basaria Panjaitan. TEMPO/Andita Rahma

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Komisaris PT Sentul City Tbk. Basaria Panjaitan mengatakan akan menerapkan program Komisi Pemberantasan Korupsi, yaitu Komite Advokasi Daerah Pencegahan Korupsi Sektor Swasta dalam jabatannya barunya. Mantan Wakil Ketua KPK itu ingin menjadikan perseroan lebih transparan serta menerapkan CSR yang baik khususnya untuk masyarakat sekitar.

"Semoga PT Sentul City Tbk bisa menjadi contoh terhadap perusahaan-perusahaan lainnya," kata Basaria kepada Tempo, Sabtu, 17 Oktober 2020.

Head of Corporate Communication PT Sentul City Tbk, Alfian Mujani memberikan alasan ihwal penujukan Basaria Panjaitan sebagai Presiden Komisaris.

"Tidak ada alasan yang spesifik. Beliau profesional di bidang hukum yang memang keahliannya dibutuhkan perseroan," kata Alfian saat dihubungi, Jumat, 16 Oktober 2020.

Basaria, kata dia, juga menyatakan bersedia menggantikan presiden komisaris Sentul City lama yang mengundurkan diri.

Basaria menjadi Presiden Komisaris PT Sentul City Tbk usai perseroan mengubah jajaran komisaris dan direksi dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang digelar pada Rabu, 14 Oktober 2020. "Benar, efektif sejak Selasa lalu," kata dia.

Basaria menggantikan Tranggono Ting yang sebelumnya menjabat sebagai Presiden Komisaris. Sementara Richard Susilo menggantikan posisi direktur yang sebelumnya dijabat oleh Rayendra Prasetya.

Jumlah saham dengan hak suara yang sah yang hadir pada RUPS itu adalah 52.370.884.462 atau 78,06 persen dari jumlah seluruh saham yang mempunyai hak suara yang sah yang dikeluarkan Perseroan. Pemegang saham diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan dan/atau memberikan pendapat terkait mata acara rapat baik pada pelaksanaan RUPS.

"Keputusan RUPS adalah menyetujui perubahan susunan Direksi dan/atau Dewan Komisaris Perseroan terhitung sejak ditutupnya Rapat hari ini," tulis dalam hasil RUPS.

Berikut susunan direksi dan komisaris Sentul City:
Direksi
Presiden Direktur : Tjetje Muljanto
Direktur : Iwan Budiharsana
Direktur : Richard Susilo

Dewan Komisaris
Presiden Komisaris : Basaria Panjaitan
Komisaris Independen : Jonnardi
Komisaris : Sumarsono

HENDARTYO HANGGI

Baca: Eks Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan Jadi Presiden Komisaris Sentul City


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT