HUT Golkar ke-56, Airlangga Minta Kader Menangkan Partai di Pilpres 2024
TEMPO.CO | 17/10/2020 20:39
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (tengah) dalam rangkaian acara HUT Golkar ke-56 di Hutan Kota Plataran, Senayan, Jakarta, Sabtu, 17 Oktober 2020. Istimewa.
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (tengah) dalam rangkaian acara HUT Golkar ke-56 di Hutan Kota Plataran, Senayan, Jakarta, Sabtu, 17 Oktober 2020. Istimewa.

TEMPO.CO, Jakarta - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto meminta kadernya memenangkan partai di Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada 2020 serta Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden 2024. Permintaan ini dilontarkan Airlangga dalam pidatonya di acara kampanye 3M dalam rangka perayaan hari ulang tahun Golkar ke-56 di Hutan Kota Plataran, Senayan, Jakarta pada Sabtu ini, 17 Oktober 2020.

"Saya sekali lagi ingin bertanya apakah saudara-saudara siap memenangkan Pilkada 2020?" tanya Airlangga.

"Siap," jawab kader Golkar yang hadir.

"Apakah saudara-saudara siap memenangkan Pemilihan Legislatif 2024?" tanya Airlangga lagi.

"Siap," jawab kader Golkar.

"Apakah saudara-saudara siap memenangi Pemilu Presiden 2024?" tanya Airlangga. Terdapat jeda dua detik sebelum dia menyebut 'pemilu presiden 2024'.

"Siap," jawab kader.

Terakhir, Airlangga menanyakan apakah kadernya siap memenangkan dan membesarkan Golkar. Mendengar jawaban 'siap' dari hadirin, Airlangga mengucap 'alhamdulillah'.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini mengatakan, Golkar adalah partai tertua dan paling berpengalaman di Indonesia. "Dan partai yang pro-pembangunan untuk kesejahteraan rakyat dan kemajuan bangsa," ujar dia.

Seusai acara, Airlangga tak menjawab saat ditanya maksud ucapannya yang ingin Golkar menang Pilpres 2024. Ia menghindar saat dikonfirmasi apakah itu berarti Golkar akan memajukan calon presiden atau calon wakil presiden di pilpres mendatang.

"Capresnya nanti kita lihat. Masih lama, masih lama," kata Airlangga. Meski begitu, dorongan dari internal Golkar agar Airlangga maju capres 2024 sudah mencuat sejak Musyawarah Nasional (Munas) Golkar 2019 lalu.

BUDIARTI UTAMI PUTRI


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT