Perhatikan Rekayasa Lalu Lintas, Hindari Istana dan Monas Setelah Jumatan
TEMPO.CO | 16/10/2020 07:13
Massa gabungan demo omnibus law memadati Jl. Harmoni, Jakarta Pusat, setelah tidak berhasil mendekat ke Istana Merdeka, Kamis, 8 Oktober 2020. TEMPO/Wintang Warastri
Massa gabungan demo omnibus law memadati Jl. Harmoni, Jakarta Pusat, setelah tidak berhasil mendekat ke Istana Merdeka, Kamis, 8 Oktober 2020. TEMPO/Wintang Warastri

TEMPO.CO, Jakarta - Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Sambodo Purnomo Yogo mengimbau agar masyarakat menghindari jalan di sekitar Istana Merdeka, Jakarta Pusat pada Jumat, 16 Oktober 2020. Polisi menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi demonstrasi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh  Indonesia atau BEM SI menolak Omnibus Law UU Cipta Kerja.

"Setelah Jumatan hindari kawasan Monas dan Istana," ujar Sambodo saat dikonfirmasi, Jumat, 16 Oktober 2020.

Sambodo mengatakan penutupan jalan dan pengalihan arus lalu lintas di sekitar Istana Merdeka dan Monas masih bersifat situasional. Namun, pihaknya sudah mempersiapkan rekayasa lalu lintas sejak Kamis malam pukul 23.00.

Adapun rute pengalihan arus lalu lintas yang disiapkan Ditlantas Polda Metro Jaya di kawasan sekitar Istana Merdeka adalah:

  1. Arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan menuju ke Jalan Veteran III diluruskan ke Traffic Light Harmoni.

    2. Arus lalu lintas dari Jalan Merdeka Timur yang akan menuju ke Jalan Medan Merdeka Utara dibelokkan ke kanan, ke Jalan Perwira.

    3. Arus lalu lintas dari Jalan Ridwan Rais yang akan menuju ke Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke Jalan Medan Merdeka Timur.

    4. Arus lalu lintas dari Jalan MH Thamrin yang akan menuju ke Patung Kuda Arjuna Wiwaha dibelokkan ke kiri atau ke kanan, Jalan Kebon Sirih.

    5. Arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan belok ke kiri ke Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Fachrudin dan arus lalu lintas dari Jalan Fachrudin yang akan belok ke kanan ke Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Abdul Muis.

    6. Arus lalu lintas dari Jalan Tanah Abang II yang akan lurus ke Jalan Museum dibelokkan ke kiri maupun ke kanan, arus lalu lintas dari Jalan Majapahit yang akan belok ke kiri ke Jalan Museum diluruskan ke Jalan Abdul Muis dan arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan belok kanan ke Jalan Museum diluruskan ke Jalan Majapahit.

    7. Arus lalu lintas dari Jalan Hayam Wuruk yang akan lurus ke Jalan Majapahit dibelokkan ke kiri ke Jalan Juanda dan arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan belok kiri ke Jalan Majapahit diluruskan ke Jalan Suryo Pranoto maupun dibelokkan ke kanan Jalan Gajah Mada.

REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT