Ridwan Kamil: Depok Kota Pertama di Jawa Barat Akan Terima Vaksin Covid-19
TEMPO.CO | 13/10/2020 21:11
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat melakukan inspeksi dan operasi gabungan di Mall The Park Sawangan, Depok, Jawa Barat, Jumat, 2 Oktober 2020. Ridwan Kamil mulai berkantor di Depok untuk mempermudah proses pemantauan penanganan Covid-19 di wilayah Bog
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat melakukan inspeksi dan operasi gabungan di Mall The Park Sawangan, Depok, Jawa Barat, Jumat, 2 Oktober 2020. Ridwan Kamil mulai berkantor di Depok untuk mempermudah proses pemantauan penanganan Covid-19 di wilayah Bogor, Depok, Bekasi (Bodebek) sebagai penyumbang terbanyak kasus Covid-19 di Jabar. Depok juga sengaja dipilih karena sekaligus tengah menggelar pilkada serentak. TEMPO/M Taufan Rengganis

TEMPO.CO, Depok -Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil merencanakan Kota Depok sebagai kota pertama yang mendapat vaksin COVID-19 di Jawa Barat.

“Kalau usulan saya disetujui (Pemerintah Pusat) maka bulan depan itu warga Depok sudah mulai ada yang divaksin,” kata pria yang karib disapa Kang Emil itu di Depok, Selasa 13 Oktober 2020.

Kang Emil mengatakan, vaksin yang diminta olehnya untuk Kota Depok yakni vaksin yang dibeli dari luar negeri oleh pemerintah pusat.

Baca juga : Ridwan Kamil Sebut Zona Merah Bodebek Tersisa Kabupaten Bekasi

“Jadi vaksin yang akan datang dua, satu yang dibeli dari luar negeri, itu bulan depan datang. Yang kedua diproduksi dalam negeri yaitu Biofarma itu baru Januari (selesai),” kaya Emil.

Emil mengatakan, alasan menjadikan Kota Depok sebagai lokasi pertama pemberian vaksin COVID-19 karena, wilayah ini merupakan penyumbang terbesar kasus harian Covid-19 di Jawa Barat dan Bodebek.

“Itu realitanya, jadi nanti Bodebek (Depok) didahulukan,” kata Emil.

Lebih jauh Kang Emil mengatakan, vaksinasi saat ini masih menjadi solusi utama dalam mengentaskan permasalahan Covid-19 yang melanda Indonesia sejak 7 bulan kebelakang.

“Akhir Covid itu hanya ada dua situasi. Satu, orang sakit yang sembuh karena obat. Kedua orang sehat yang imun oleh vaksin. Jadi kalau kita mau hidup normal lagi kayak dulu, kita yang sehat-sehat harus vaksin,” kata Ridwan Kamil lagi.

Untuk diketahui, data Covid-19 di Kota Depok pada Selasa 13 Oktober 2020, kasus terkonfirmasi positif sudah mencapai 5.717 kasus, dengan rincian sembuh 4.044 orang, meninggal 164 dan kasus konfirmasi aktif mencapai 1.508 kasus.

ADE RIDWAN YANDWIPUTRA


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT