Kapolda Metro Jaya Lantik 99 Sekuriti Apartemen Jadi Petugas Protokol Kesehatan
TEMPO.CO | 02/10/2020 04:02
Ilustrasi protokol kesehatan / menjaga jarak atau memakai masker. REUTERS/Edgar Su
Ilustrasi protokol kesehatan / menjaga jarak atau memakai masker. REUTERS/Edgar Su

TEMPO.CO, Jakarta - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana melantik 99 sekuriti Apartemen Mediterania 2 Tanjung Duren, Jakarta Barat, sebagai petugas protokol kesehatan Covid-19. Pelantikan para petugas keamanan itu berlangsung di apartemen itu, Kamis pagi.   

"Mereka punya mandat agar menyadarkan dan menegur warga yang tidak memakai masker, serta berkerumun," kata Nana Sudjana di Jakarta, Kamis 1 Oktober 2020. Pelantikan itu juga dihadiri Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman.


Kapolda Metro Jaya mengatakan tugas sekuriti apartemen sebagai petugas protokol kesehatan amat penting karena apartemen merupakan wilayah berbasis komunitas. Terdapat 2.800 keluarga menggunakan fasilitas apartemen bersama seperti lift untuk keluar masuk.

Di Apartemen Mediterania 2 Tanjung Duren, Irjen Pol Nana Sudjana  juga meluncurkan program Apartemen Bebas Covid-19 (ABC). Apartemen itu dinilai telah menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dengan ketat, menyediakan perangkat mencuci tangan, pengukur suhu tubuh dan warganya menggunakan masker.

Baca juga: 76 Perusahaan di Jaksel Melanggar Protokol Kesehatan Saat PSBB Ketat, Apa Saja?

Manajer Apartemen Mediteriania 2 Gobel mengatakan para penghuni atau pemilik apartemen sudah memahami pentingnya protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 ini. "Penghuni yang masuk apartemen diwajibkan mencuci tangan terlebih dahulu, kemudian masuk area lobi dan lift menggunakan tombol touchless menuju unit apartemen."

Selain penerapan protokol kesehatan, setiap paket kiriman barang akan disterilisasi oleh petugas di lobi depan. Pemilik dapat mengambil paket itu dalam kotak Popbox.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT