Jaksa Turki Siapkan Tuntutan Kedua Kasus Jamal Khashoggi
TEMPO.CO | 28/09/2020 21:01
Jamal Khashoggi bersama anak sulungnya Salah Khashoggi. [CNN ]
Jamal Khashoggi bersama anak sulungnya Salah Khashoggi. [CNN ]

TEMPO.CO, Jakarta - Jaksa penuntut umum Turki menyiapkan tuntutan hukum kedua terhadap enam orang warga Arab Saudi terkait kasus pembunuhan jurnalis Washington Post, Jamal Khashoggi, pada 2018 di Istanbul.

Dilansir dari Reuters, laporan itu tidak mengatakan apakah enam tersangka adalah para tersangka yang sebelumnya sudah diadili secara in absentia dalam pengadilan Istanbul.

Kantor berita negara Anadolu mengatakan dua dari tersangka itu menghadapi dakwaan dengan tuntutan hukuman penjara seumur hidup. Empat terdakwa lainnya terkena tuntutan hukuman hingga lima tahun penjara.

Kantor kejaksaan Istanbul menolak memberikan komentar langsung atas laporan media itu.

Pengadilan Arab Saudi pada bulan ini telah memvonis delapan orang dengan hukuman penjara antara tujuh dan 20 tahun terkait kasus pembunuhan itu.

Hukuman penjara itu diberikan empat bulan setelah keluarga Jamal Khashoggi memaafkan para pembunuhnya sehingga mereka terlepas dari hukuman mati.

Khashoggi, yang seorang kritikus Putra Mahkota Saudi, Mohammed bin Salman, terakhir kali terlihat terlihat memasuki kantor konsulat Arab Saudi di Istanbul pada 2 Oktober 2018. Pada saat itu dia datang untuk mendapatkan dokumen terkait rencana pernikahannya dengan seorang gadis Turki.

Jasadnya dilaporkan telah dimutilasi dan dipindahkan dari gedung kantor konsulat Arab Saudi sehingga tidak ditemukan hingga saat ini.

 

FERDINAND ANDRE | REUTERS

 

Sumber

https://www.reuters.com/article/us-saudi-khashoggi-turkey/turkey-prepares-second-indictment-on-six-khashoggi-murder-suspects-media-idUSKBN26J1AU?il=0


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT