Sebelum Resign, Febri Diansyah Ditanya Rencana ke Depan Oleh Firli Bahuri
TEMPO.CO | 28/09/2020 20:25
Kepala Biro Hubungan Masyarakat Febri Diansyah melambaikan tangan ke arah wartawan usai menyampaikan pengunduran dirinya sebagai pegawai dari lembaga anti korupsi tersebut di gedung KPK, Kamis 24 September 2020. Mantan Juru Bicara KPK tersebut mengundurka
Kepala Biro Hubungan Masyarakat Febri Diansyah melambaikan tangan ke arah wartawan usai menyampaikan pengunduran dirinya sebagai pegawai dari lembaga anti korupsi tersebut di gedung KPK, Kamis 24 September 2020. Mantan Juru Bicara KPK tersebut mengundurkan diri sebagai Kepala Biro Humas sekaligus Pegawai KPK karena merasa kondisi politik dan hukum telah berubah tidak sesuai dengan semangat independensi sebagai lembaga pemberantas korupsi seperti awal dirinya menjadi bagian KPK. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

TEMPO.CO, Jakarta - Mantan Kepala Biro Hubungan Masyarakat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah menyatakan sempat bertemu dengan pimpinan KPK Firli Bahuri. Ia memberikan surat pengunduran diri kepada Ketua KPK Firli Bahuri.

Saat surat diserahkan, ujar Febri, Firli kemudian membaca surat tersebut di meja kerjanya. “Saya sampaikan ke Pak Firli, nothing personal,” ucap dia dalam diskusi di Instagram @tempodotco pada Senin, 28 September 2020.

Setelah itu, dikatakan bahwa Firli menanyakan ihwal rencana Febri hendak ke mana usai keluar dari KPK. Febri menanggapi bahwa tidak penting akan ke mana, tetapi apakah di tempat yang baru dirinya akan tetap memegang motivasi untuk memberantas korupsi.

“Artinya bukan mau ke mana, tetapi apa yang akan dikerjakan setelah itu,” ucap Febri.

Sebagai salah satu pejabat struktural di KPK, tutur Febri, dinyatakan ada tanggung jawab untuk menyampaikan pendapat meskipun berbeda dengan pimpinan. Bagi dia, keputusan-keputusan yang nantinya akan diputuskan pimpinan KPK harus berdasarkan berbagai pertimbangan yang ada. “Kami cenderung diskusi secara formil (dengan Firli),” tutur dia.

Sebelumnya, Febri berencana membangun gerakan antikorupsi setelah tidak lagi menjadi pegawai KPK. "Tentu bersama teman-teman saya juga akan kembali ke masyarakat sipil membangun gerakan antikorupsi bersama teman-teman di luar sana," ucap Febri Diansyah di Gedung KPK, Jakarta, Kamis, 25 September 2020.

MUHAMMAD BAQIR


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT