Jasa Marga: Ruas Jalan Tol Manado-Danowudu Siap Beroperasi
TEMPO.CO | 28/09/2020 17:46
Tol Manado Bitung. youtube.com
Tol Manado Bitung. youtube.com

TEMPO.CO, Jakarta - PT Jasamarga Manado Bitung, pengelola jalan tol Manado-Bitung, bersiap-siap mengoperasikan ruas Manado—Danowudu.

Direktur Utama PT JMB George I.M.P. Manurung menjelaskan bahwa jalan tol Manado—Bitung akan dioperasikan secara bertahap. Ruas yang direncanakan dioperasikan dalam waktu dekat adalah Manado—Danowudu sepanjang 26,35 kilometer.

“Dalam waktu dekat yang akan dioperasikan adalah ruas Manado—Danowudu sepanjang 26,35 kilometer yang merupakan keseluruhan seksi 1 serta sebagian dari seksi 2, yaitu seksi 2A Airmadidi—Danowudu,” ujarnya melalui siaran pers Senin 28 September 2020.

Panjang keseluruhan tol Manado—Bitung adalah 39 kilometer yang dibangun dengan konsep kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU).

Jalan tol ini terdiri atas dua seksi, yakni Seksi 1 Manado—Airmadidi sepanjang (14 km) yang dibangun pemerintah dan Seksi 2 Airmadidi—Bitung (25 km) yang dibangun anak buah perusahaan Jasa Marga tersebut.

Sementara itu, untuk ruas Danowudu—Bitung sepanjang 12,65 kilometer ditargetkan selesai konstruksi pada April 2021. Hingga saat ini progres konstruksinya telah mencapai 77,61 persen dan pembebasan lahan mencapai 99,23 persen.

Jalan tol Manado—Bitung akan memiliki total lima gerbang tol (GT), yakni GT Manado, GT Airmadidi, GT Kauditan, GT Danowudu, dan GT Bitung. Jalan tol ini juga direncanakan memiliki total dua rest area, yang terletak di di STA 3+000 (arah Manado) dan STA 3+500 (arah Bitung).

Baca juga: Hutama Karya Kebut Sisa Peresmian 1 Ruas Jalan Tol Trans Sumatera Tahun Ini


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT