Pekan Sepeda Nasional untuk Sehatkan Masyarakat
TEMPO.CO | 26/09/2020 18:59
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat dalam acara Webinar Series #5 dengan tema “Resiliensi Kinerja dan Strategi Pemulihan Bisnis Sektor Transportasi Udara Pada Saat dan Pasca Pandemi Covid-19” yang diselenggarakan  Balitbang Kemenhub, pada
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat dalam acara Webinar Series #5 dengan tema “Resiliensi Kinerja dan Strategi Pemulihan Bisnis Sektor Transportasi Udara Pada Saat dan Pasca Pandemi Covid-19” yang diselenggarakan Balitbang Kemenhub, pada Rabu (23/9).

INFO NASIONAL-Dalam rangka memperingati Pekan Nasional Keselamatan Jalan 2020 (PNKJ 2020), Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI) melalui Direktorat Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) mengadakan sejumlah kegiatan bertema “Pekan Sepeda Nasional: Sayangi Nyawa, Suarakan Keselamatan Jalan dan Kayuh Sepedamu untuk Kesehatan”. Rangkaian acara ini diawali dengan Kick Off Pekan Sepeda Nasional serta pembagian tempat parkir sepeda untuk sejumlah instansi di Kota Jakarta yang berlangsung secara daring, pada Jumat, 25 September 2020.

Moda transportasi bersepeda dalam beberapa waktu terakhir semakin populer di masyarakat, apalagi setelah pandemi Covid-19 terjadi di Indonesia. Hal ini menarik perhatian Kementerian Perhubungan untuk menjadikan kegiatan bersepeda sebagai sorotan PNKJ 2020.

“Sepeda adalah salah satu kegiatan antar moda yang paling sehat. Selain tidak memakan tempat parkir, orang semakin suka berolahraga dan tidak ada polusi. Jadi, saya pikir sepeda ini jadi suatu alternatif yang baik,” ujar Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan Republik Indonesia dalam sambutannya.

Menurut Budi Karya, bersepeda adalah olahraga menyenangkan dan cukup fleksibel untuk dijadikan transportasi sehari-hari, misalnya dari rumah ke kantor, stasiun atau terminal, bahkan ke mall. Ia berharap, jajaran kementerian perhubungan, termasuk para stakeholders untuk terus mendukung kampanye pemakaian sepeda sebagai moda transportasi pilihan dalam aktivitas sehari-hari.

Bismillahirrahmanirrahim, maka kegiatan Pekan Sepeda Nasional ini dijalankan dengan baik. Ayo kayuh sepedamu…ayo kayuh sepedamu…ayo kayuh sepedamu!” kata Budi Karya saat membuka rangkaian kegiatan Pekan Sepeda Nasional secara resmi.

Selain acara Kick Off, Kemenhub juga membagikan sekitar 50 unit tempat parkir sepeda di beberapa lokasi seperti perkantoran, sekolah, tempat ibadah, serta tempat-tempat umum lainnya. Secara virtual dan simbolis, Menhub Budi Karya menyerahkan tempat parkir tersebut ke empat lokasi, antara lain Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Stasiun Pasar Minggu dan SDN 02 Batu Ampar, Jakarta Timur.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menghadiri Sosialisasi Aturan Keselamatan Pesepeda Di Jalan dan Gerakan Peduli Kesehatan 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak) acara tersebut bertempat di Gelora Bung Karno dan Stasiun MRT Istora, Jumat (18/9).

Rangkaian Pekan Sepeda Nasional akan terus berlanjut hingga pertengahan Oktober mendatang. Adapun kegiatan yang direncanakan selanjutnya adalah Virtual Fun Bike pada 25 Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) di beberapa provinsi yang diadakan bersamaan dengan pameran sepeda virtual pertama di Indonesia pada 17 Oktober 2020, Focus Group Discussion (FGD) untuk mendorong pemakaian sepeda di masyarakat, serta Gerakan Tertib 1 juta Masker sebagai bagian acara puncak pada 20 Oktober 2020.

Budi Setiyadi, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Pehubungan sebagai bagian dari penyelenggara Pekan Sepeda Nasional menyatakan dukungan penuh atas upaya Kemenhub menjadikan sepeda sebagai sarana mobilitas masyarakat sehari-hari. “Saya berjanji akan melakukan rapat-rapat (forum konsolidasi) evaluasi dengan melibatkan semua komunitas untuk kita mendorong penggunaan sepeda di masyarakat,” ucapnya.

Menurutnya, bersepeda banyak memberikan keuntungan seperti kesehatan, mengurangi polusi udara, murah, tidak menimbulkan kebisingan serta kemacetan. “Jadi, marilah kita mulai hari ini sampai ke depan kita akan ubah budaya kita dalam mobilitas untuk ke kantor, sekolah dan sebagainya, mulai membiasakan diri menggunakan sepeda,” kata Budi Setiyadi menutup acara.(*)

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT