Jalan Tol Pekanbaru-Dumai Diresmikan, Ada Lintasan Khusus Gajah
TEMPO.CO | 26/09/2020 11:44
Presiden Joko Widodo alias Jokowi (ketiga kanan) didampingi Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (kedua kanan), Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kanan), Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Danang Parikesit (kedua kiri) dan Dirut PT Hutama Karya (Persero) Bintang
Presiden Joko Widodo alias Jokowi (ketiga kanan) didampingi Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (kedua kanan), Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kanan), Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Danang Parikesit (kedua kiri) dan Dirut PT Hutama Karya (Persero) Bintang Perbowo (ketiga kiri) meninjau Jalan Tol Ruas Pekanbaru-Dumai Seksi 1 Pekanbaru-Minas di Rumbai, Pekanbaru, Riau, Jumat, 21 Februari 2020. Pembangunan tol ini ditargetkan selesai akhir April 2020.ANTARA/Sigid Kurniawan

TEMPO.CO, Jakarta - PT Hutama Karya (Persero) pemegang konsesi proyek jalan tol Trans-Sumatra telah menyiapkan pembangunan ruas tol Pekanbaru-Dumai, dengan keistimewaan yaitu dibangunnya lajur perlintasan gajah di beberapa lokasi.

Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto menyampaikan bahwa dalam pembangunannya, jalan tol ini menjadi istimewa karena selain diperuntukkan bagi kendaraan roda empat, disediakan pula lima perlintasan Underpass Perlintasan Gajah (UPG).

“Jalan tol ini memang melewati habitat gajah di Kabupaten Bengkalis. Underpass disiapkan agar jalur jelajah gajah tidak terputus, dengan demikian biodiversity Sumatra akan terpelihara. Untuk merancang jalur pelintasan gajah melalui underpass tersebut, Hutama Karya berkoordinasi dengan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Riau,” ujarnya melalui siaran pers, Jumat, 25 September 2020.

Lintas bawah pelintasan gajah di tol Pekanbaru-Dumai keseluruhannya berada di seksi 4 (Kandis Utara-Duri Selatan) dekat dengan Suaka Margasatwa Balai Raja.

Adapun, untuk di seksi 2 (Minas-Kandis Selatan) terdapat pula Jembatan Sungai Tekuana yang kerap kali disinggahi oleh 13 gajah Sumatra karena lokasinya yang tidak jauh dari Pusat Pelatihan Gajah Minas di Kabupaten Siak. Lintas bawah tol Pekanbaru-Dumai dapat dilintasi hingga seratus ekor gajah.

Selain akan membuka akses darat dari Kota Pekanbaru menuju Kota Dumai dan sebaliknya, jalan tol ini diprediksi mampu merangsang geliat perekonomian di Bumi Lancang Kuning.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT