Trending Bisnis: Jalan Tol Gratis; Mobile Banking Bank Mandiri Tak Bisa Diakses
TEMPO.CO | 26/09/2020 07:30
Presiden Jokowi (kedua kanan) didampingi Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (tengah), Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kiri), Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Danang Parikesit (kanan) dan Dirut PT Hutama Karya (Persero) Bintang Perbowo (kedua kiri) meninjau
Presiden Jokowi (kedua kanan) didampingi Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (tengah), Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kiri), Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Danang Parikesit (kanan) dan Dirut PT Hutama Karya (Persero) Bintang Perbowo (kedua kiri) meninjau Jalan Tol Ruas Pekanbaru-Dumai Seksi 1 Pekanbaru-Minas di Rumbai, Pekanbaru, Riau, Jumat, 21 Februari 2020. ANTARA/Sigid Kurniawan

TEMPO.CO, Jakarta Berita terpopuler ekonomi dan bisnis sepanjang hari Jumat, 25 September 2020, dimulai dari gratisnya jalan tol Pekanbaru - Dumai yang diresmikan Jokowi kemarin, Mobile Banking Bank Mandiri yang tak bisa diakses dan peresmian jalan tol Trans Sumatera. 

Selain itu ada juga berita imbauan Luhut atas kasus covid-19 yang melonjak di kawasan Bodebek dan ekonom prediksi pertumbuhan ekonomi minus 2 persen akibat PSBB DKI diperpanjang. 

Kelima topik tersebut paling banyak menyedot perhatian pembaca di kanal Bisnis Tempo.co. Berikut selengkapnya lima berita bisnis yang trending tersebut:

1. Diresmikan Jokowi Hari Ini, Jalan Tol Pekanbaru-Dumai Masih Gratis

Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan meresmikan jalan tol Pekanbaru-Dumai secara virtual hari ini. Setelah diresmikan, menurut PT Hutama Karya (Persero), jalan tol Pekanbaru-Dumai bakal dibuka untuk umum dan masih gratis sekitar satu bulan ke depan.

Executive Vice President Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Muhammad Fauzan mengatakan perseroan akan melakukan evaluasi sampai terbitnya surat keputusan menteri terkait penetapan tarif.

"Biasanya setelah diresmikan, akan beroperasi dan masih gratis. Biasanya satu bulan dan setelah itu akan dilakukan evaluasi sampai terbitnya SK Menteri PUPR terkait penetapan tarif tol," ujarnya, Kamis, 14 September 2020.

2. Gangguan Jaringan, Mobile Banking Bank Mandiri Tak Bisa Diakses Sejak Pagi Ini

Tak sedikit pengguna layanan mobile banking Bank Mandiri menumpahkan kekesalannya di media sosial Twitter karena tak bisa mengakses aplikasi tersebut sejak pagi hari ini. Mereka menanyakan hal tersebut dan me-mention @bankmandiri dan @mandiricare.

Syahrizal Hafid Rozaqi dengan akun Twitter @Hafidrozaq , misalnya. "Halloo Mandiri Online apa sedang gangguan ya ? Tidak bisa akses di web maupun Apk Android @bankmandiri @mandiricare," seperti dikutip dari cuitannya, Jumat, 25 September 2020 pada sekitar pukul 08.25 WIB.

Rizal dengan akun @arizaltaf juga menanyakan hal yang sama. "@bankmandiri @mandiricare sampe kapan begini terus?" katanya pada dua jam yang lalu.

3. Siang Ini, Jokowi Bakal Resmikan Jalan Tol Lintas Sumatera Ruas Pekanbaru-Dumai

Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada siang hari ini, Jumat, 25 September 2020, dijadwalkan bakal meresmikan jalan tol lintas Sumatera ruas Pekanbaru-Dumai, Provinsi Riau. Peresmian akan dilakukan secara virtual dari Istana Negara sebab ada tren lonjakan kasus positif Covid-19 di Riau saat ini.

"Peresmiannya, Insya Allah besok akan dilakukan secara virtual jam dua siang. Di Dumai undangannya terbatas, hanya untuk 50 orang," kata Gubernur Riau, Syamsuar, dalam pernyataan pers di Pekanbaru, Kamis  24 September 2020. "Sore ini Menteri PUPR, Insya Allah hadir ke Riau.” 

Syamsuar menjelaskan, agenda peresmian sempat dijadwalkan pekan lalu dengan dihadiri Presiden Jokowi, namun dibatalkan. Belakangan keputusan peresmian Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) secara virtual dipastikan dalam rapat antara Pemrov Riau bersama bersama tim Kepresidenan, dan Kementerian PUPR melalui virtual pada Kamis siang kemarin. 

4. Kasus Covid-19 di Bodebek Melonjak, Luhut Ingatkan Jangan Ada Kluster Baru

 Pemerintah mencatat kasus positif Covid-19 di DKI Jakarta pada periode 12-23 September 2020 menunjukkan tren pelambatan. Namun demikian, pada wilayah Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi yang merupakan wilayah penyangga Ibu Kota masih ada kenaikan selama seminggu terakhir.

Juru bicara Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Jodi Mahardi mengatakan informasi tersebut terungkap dalam Rapat Koordinasi (Rakor) untuk Antisipasi Perkembangan Kasus Covid-19 di Jabodetabek secara virtual yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Pandjaitan pada Kamis, 24 September 2020.

Menanggapi hal ini, lanjutnya, Luhut sebagai Wakil Ketua Komite Kebijakan Pengendalian Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional minta agar faktor kedisiplinan untuk menangani angka pertumbuhan Covid-19 terus ditegakkan. “Aktivitas warga DKI Jakarta yang karena PSBB pergi ke restoran atau ke kafe di wilayah Bodetabek, artinya perlu pengetatan protokol kesehatan disana untuk pengendalian Covid,” kata Jodi dalam keterangan tertulis, Kamis malam, 25 September 2020.

5. PSBB DKI Diperpanjang, Ekonom Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Bakal Minus 2 Persen

Chief Economist PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Andry Asmoro memprediksi perpanjangan pembatasan sosial skala besar (PSBB) ketat di DKI Jakarta akan mempengaruhi perkembangan ekonomi pada semester II pada tahun 2020.

Hal ini, kata Andry, salah satunya didasari pada proyeksi pertumbuhan ekonomi di kuartal III di 2020 yang akan minus meskipun arahnya membaik dibandingkan periode sebelumnya. Hal ini sejalan dengan dinamika ekonomi global di mana banyak negara-negara dunia yang juga sudah memasuki resesi, kecuali Vietnam dan Tiongkok yang masih mencatat pertumbuhan positif.

Namun begitu, Andry menilai, resesi yang dialami oleh Indonesia diperkirakan tidak akan sedalam negara-negara sekawasan seperti India, Filipina, Malaysia, Thailand dan Singapore, maupun negara-negara maju di Kawasan Eropa dan AS.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT