Juragan Air Botol Zhong Shanshan Salip Jack Ma Sebagai Orang Terkaya di Cina
TEMPO.CO | 25/09/2020 18:40
Chairman Nongfu Spring, Zhong Shanshan. shutterstock.com
Chairman Nongfu Spring, Zhong Shanshan. shutterstock.com

TEMPO.CO, Jakarta - Zhong Shanshan, pendiri air minum kemasan Cina Nongfu Spring, kini telah merebut julukan ‘Orang terkaya di Cina’ dari Jack Ma. Menurut indeks Bloomberg Billionaires, perkiraan kekayaan bersih Zhong telah mencapai US$58,7 miliar. Sebagai perbandingan, nilai kekayaan Jack Ma adalah US$56,7 miliar.

Status baru Zhong juga menempatkannya di atas Pony Ma, yang mendirikan Tencent. Namun tidak seperti Jack Ma dan Pony Ma, Zhong bukanlah pengusaha teknologi. Di luar sahamnya di Nongfu Spring, dia juga adalah kepala pembuat vaksindi Apotek Biologi Beijing, Wantai.

“Anda biasanya mengharapkan orang nomor satu di Cina datang dari (teknologi),” kata Rupert Hoogewerf, ketua perusahaan riset kekayaan Hurun Report, dikutip dari CNN, Kamis, 24 September 2020

Zhong juga dikenal lebih rendah hati dan tertutup dibandingkan dengan para pemimpin bisnis top lainnya. Ia sering dianggap sebagai seorang penyendiri karena tidak bergaul dengan sesama pengusaha seperti Jack Ma dan Pony Ma.

"Zhong Shanshan adalah salah satu dari sedikit orang di China yang tidak hanya membangun satu bisnis senilai US$ 10 miliar, tetapi dua bisnis senilai US$ 10 miliar," kata Hoogewerf. "Ini sangat luar biasa."

Dengan munculnya nama Zhong Shanshan ke permukaan, hal ini menunjukkan bagaimana Cina menjadi ladang basah untuk calon milyuner-milyuner dunia. Awal tahun 2020, Cina bahkan sudah menjadi rumah dari para taipan dunia dengan nilai kekayaan lebih besar dibanding Amerika dan India dijadikan satu. Tren ini diyakini akan berlanjut

FERDINAND ANDRE | CNN

https://edition.cnn.com/2020/09/24/business/china-zhong-shanshan-nongfu-intl-hnk/index.html


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT