Industri Otomotif Bidik Segmen Mobil Ambulans di Masa Pandemi Covid-19
TEMPO.CO | 23/09/2020 12:20
Industri Otomotif Bidik Segmen Mobil Ambulans di Masa Pandemi Covid-19
Ilustrasi mobil Ambulans. Dok.TEMPO/ Eko Siswono Toyudho

TEMPO.CO, Jakarta - Industri otomotif tergerus dahsyat akibat pandemi Covid-19 di Indonesia sejak awal Maret lalu. Daya beli masyarakat menurun sehinhgga penjualan mobil dan motor pun anjlok.

Belum bisa dipastikan kapan pandemi global ini bakal tuntas. Namun industri otomotif melakukan berbagai cari untuk bisa bertahan, dari promosi online sampai meminta pemotongan pajak mobil baru kepada pemerintah.

Agen tunggal pemegang merek (ATPM) pun melakukan terobosan antara lain membidik sektor-sektor yang naik daun di masa pandemi Covid-19, seperti sektor kesehatan.

“Upaya yang kami lakukan adalah penetrasi ke sektor yang tidak terlalu besar terkena dampak COVID-19. Salah satunya sektor yang berhubungan dengan kesehatan,” kata Kepala PT Astra International Tbk - Isuzu (Astra Isuzu) Wilayah Sulawesi, Samuel Pilo, seperti dikutip Antara pada Selasa, 22 September 2020.

Pola serupa antara juga dilakukan DSFK dan Suzuki. Ambulans Suzuki menggunakan APV, sedangkan DFSK mengambil basis mobil DFSK Super Cab.

Adapun Isuzu mengandalkan produk sport utility vehicle (SUV) MU-X 4x4 uang diubah menjadi ambulans. Ternyata, disambut pasar.

Bulan ini, secara bertahap Astra Isuzu mulai menyerahkan 11 unit ambulans MU-X 4x4 pesanan sejumlah pemerintah daerah di Sulawesi Utara.

Samuel menjelaskan, pesanan terbanyak yakni lima unit ambulans Isuzu untuk Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Talaud guna mendukung program Public Service Center (PSC) 119 di Talaud.

Kepala Cabang Astra Isuzu Manado Elieser Roy Adung juga menawarkan Isuzu MU-X 4x4 untuk dijadikan ambulans puskesmas kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Talaud. Isuzu cocok untuk medan di wilayah itu yang cukup ekstrem.

Isuzu memasarkan keunggulan MU-X seperti keandalan mesin Isuzu MU-X 4JK1-TC Hi-Power commonrail yang sangat bertenaga tetapi irit bahan bakar. Kemampua Isuzu juga telaj diakui keandalannya di semua medan.

“Tentu saja dengan adanya jaminan perawatan dari Astra Isuzu,” ujar Roy.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Talaud Kerry Monangin mengatakan lebih dari 20 tahun pemerintah daerah menggunakan ambulans Isuzu Panther.

Dari lima ambulans MU-X 4x4 di Kabupaten Talaud, sebanyak 1 unit digunakan untuk PSC 119, 1 unit untuk RSUD Talaud, 3 lainnya untuk melayani 21 puskesmas di Talaud.



REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT