Trending Bisnis: Buka Tutup GT Gunung Putri, Sri Mulyani Respons Pajak Mobil
TEMPO.CO | 23/09/2020 06:26
Sri Mulyani, Menteri Keuangan Republik Indonesia dalam Kabinet Kerja Jokowi Jilid I tahun 2015-2019 dan Jilid II periode 2019-2024. (Instagram@smindrawati)
Sri Mulyani, Menteri Keuangan Republik Indonesia dalam Kabinet Kerja Jokowi Jilid I tahun 2015-2019 dan Jilid II periode 2019-2024. (Instagram@smindrawati)

TEMPO.CO, Jakarta - Berita terpopuler ekonomi dan bisnis sepanjang hari Selasa, 22 September 2020, dimulai dari rencana buka tutup Gerbang Tol Gunung Putri Tol Jagorawi karena ada pekerjaan perkerasan jalan. Selain itu ada soal daftar 21 stasiun kereta yang menyediakan rapid test berbiaya Rp 85 ribu.

Ada juga soal 6 fakta kapal coast guard Cina yang masuk lagi ke Natuna, Luhut yang menilai kenaikan kasus positif Covid-19 sudah mengkhawatirkan hingga tanggapan Sri Mulyani akan usulan pajak mobil baru 0 persen. 

Kelima topik tersebut paling banyak menyedot perhatian pembaca di kanal Bisnis Tempo.co. Berikut selengkapnya lima berita bisnis yang trending tersebut:

1. GT Gunung Putri Tol Jagorawi Diberlakukan Buka Tutup 27 September-2 Oktober

Jasamarga Metropolitan Tollroad selaku pengelola Jalan Tol Jagorawi, bersama dengan PT Jasamarga Tollroad Maintenance (JMTM) sebagai penyedia jasa pemeliharaan jalan tol melaksanakan pekerjaan perbaikan jembatan dan pekerjaan rekonstruksi perkerasan di akses masuk Gunung Putri Ruas Tol Jagorawi.

"Sebagai upaya peningkatan kualitas jalan, memberikan kenyamanan dan keselamatan berkendara bagi pengguna jalan serta menjaga performa jalan tol agar tetap memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM)," kata General Manager Representative Office 1 Jasamarga Metropolitan Tollroad Oemi Vierta Moerdika dalam keterangan tertulis, Selasa, 22 September 2020.

Pekerjaan perbaikan jembatan dan rekonstruksi perkerasan dilakukan pada jalan sebelum dan setelah jembatan Gunung Putri dan akan dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 27 September 2020 pukul 09.00 WIB sampai hari Jumat tanggal 2 Oktober 2020 pukul 07.00 WIB dan langsung diberlakukan open traffic setelah selesai pekerjaan.

Simak selengkapnya mengenai Tol Jagorawi di sini.

2. Ini Daftar 21 Stasiun Kereta yang Melayani Rapid Test Seharga Rp 85 Ribu

PT Kereta Api Indonesia (Persero) menambah daftar stasiun yang menyediakan layanan rapid test Covid-19 menjadi total tersedia di 21 stasiun per 22 September 2020. Harga yang ditawarkan sangat terjangkau yaitu hanya Rp 85.000. 

"Penambahan stasiun yang melayani rapid test ini merupakan bentuk peningkatan pelayanan yang kami berikan bagi pelanggan dalam rangka menerapkan protokol kesehatan pada perjalanan kereta api," kata VP Public Relations PT KAI Joni Martinus dalam keterangan tertulis, Selasa, 22 September 2020.

Layanan rapid test di stasiun pertama kali diluncurkan di Stasiun Pasar Senen pada 29 Juli 2020, di mana pada tahap awal baru tersedia di 12 Stasiun.

Baca selengkapnya mengenai rapid test di sini. 

3. 6 Fakta Kapal Coast Guard Cina yang Masuk ke Natuna Lagi

Badan Keamanan Laut RI atau Bakamla kembali mendapati kapal penjaga pantai atau coast guard milik Cina masuk ke wilayah perairan Zona Ekonomi Ekslusif Indonesia di Natuna Utara. Kapal bernomor lambung CCG 5204 itu terpantau radar kapal patroli pada 12 September 2020.

"Kapal coast guard Cina dengan nomor lambung 5204 terdeteksi sekitar pukul 10.00 WIB di radar dan automatic identification system alias AIS KN Nipah pada jarak 9,35 NM," ujar Kepala Bagian Humas dan Protokol Bakamla Wisnu Pramandita dalam keterangannya, pekan lalu. Berikut ini enam fakta terkait masuknya kapal coast guard Cina ke Indonesia.

Simak selengkapnya mengenai Cina di sini. 

4. Luhut Sebut Kenaikan Kasus Covid-19 di 9 Provinsi Mulai Mengkhawatirkan

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta Kementerian Kesehatan segera melakukan sosialisasi protokol standar terapi penanganan Covid-19 di seluruh rumah sakit pada delapan provinsi utama penularan Covid-19.

“Saya minta mulai minggu depan Kemenkes segera menyosialisasikan protokol terapi ini ke semua RS rujukan di delapan provinsi plus Aceh karena kenaikan kasusnya mulai mengkhawatirkan,” ujar Luhut dalam keterangan tertulis, Senin, 21 September 2020.

Usai disosialisasikan, kata Luhut, Kemenkes diminta untuk melakukan pendampingan implementasi termasuk memberikan pelatihan bagi dokter dan tenaga kesehatan lalu memonitor pelaksanaannya.

Selain melakukan sosialisasi protokol standar terapi penanganan pasien Covid-19, dia juga meminta agar Kemenkes memastikan ketersediaan obat dan alat terapi yang disebutkan dalam panduan tersebut. “Tim gugus tugas yang dibentuk oleh Kemenkes harus segera turun, saya minta Kamis (24 September 2020), Kemenkes melaporkan hal ini kepada saya,” kata Luhut.

Baca selengkapnya mengenai Luhut di sini. 

5. Kaji Pajak Mobil Baru Nol Persen, Sri Mulyani: Insentif Sudah Sangat Banyak

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan kementeriannya bakal mengkaji usulan dari Kementerian Perindustrian mengenai relaksasi pajak pembelian mobil baru menjadi nol persen. Hal ini dikarenakan pemerintah juga telah menggelontorkan insentif pajak dalam rangka pemulihan ekonomi akibat pandemi.

"Soal pembebasan pajak mobil baru akan kami kaji secara mendalam. Sebetulnya insentif perpajakan kita sudah sangat banyak di dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional ini, namun kami akan melihat apa-apa yang dibutuhkan untuk menstimulir perekonomian kembali," ujar dia dalam konferensi video, Selasa, 22 September 2020.

Sri Mulyani mengatakan kementeriannya akan selalu terbuka akan ide-ide anyar dari semua pihak. Namun, Kemenkeu tetap akan menjaga konsistensi dalam penerapan kebijakan tersebut.

Kementerian Perindustrian sebelumnya mengusulkan relaksasi pajak pembelian mobil atau pajak mobil baru menjadi 0 persen. Pemangkasan pajak kendaraan bermotor ini untuk stimulus pasar sekaligus mendorong pertumbuhan sektor otomotif di tengah pandemi Covid-19.

Simak selengkapnya mengenai Sri Mulyani di sini.

Baca: Jokowi Perintahkan Pembangunan Pelabuhan Patimban Dipercepat


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT