Polisi India Tangkap Jurnalis atas Tuduhan Pasok Informasi Rahasia ke Cina
TEMPO.CO | 20/09/2020 13:22
Pasukan India berjaga di area Ladakh timur, pegunungan Himalaya pada 16 Juni 2020. Reuters
Pasukan India berjaga di area Ladakh timur, pegunungan Himalaya pada 16 Juni 2020. Reuters

TEMPO.CO, Jakarta - Polisi India menangkap seorang jurnalis lepas dengan tuduhan memberikan informasi rahasia dan sensitif kepada intelijen Cina.

Jurnalis bernama Rajeev Sharma, 61 tahun, ditangkap di New Delhi, ibukota India pada pekan ini. Polisi juga menyita dokumen yang disebut rahasia terkait dengan Departemen Pertahanan India dari rumah jurnalis itu. Tidak disebutkan secara rinci apa itu dokumen rahasia.

Selain jurnalis itu, seorang perempuan kewarganegaraan Cina dan rekannya warga Nepal juga ditangkap. Keduanya dituduh memasok dana dalam jumlah besar kepada Sharma sebagai bayaran atas informasi kepada intelijen Cina.

"Saat interogasi, Rajeev Sharma telah mengungkap keterlibatannya dalam pengadaan informasi rahasia/sensitif dan menyampaikan hal senada kepada pihak Cina yang menanganinya," kata Sanjeev Kumar Yadav, Deputi Komisioner Polisi New Delhi, seperti dikutip dari Reuters.

Pihak Cina, tersangka, maupun pengacara mereka belum dapat dihubungi.

Penangkapan jurnalis lepas itu terjadi di saat hubungan India dan Cina memanas dipicu konflik di perbatasan Himalaya. Bentrokan antara pasukan Cina dan India pada Juni lalu telah menewaskan 20 pasukakn India. Sedangkan pihak Cina tidak membuka informasi tentang data pasukannya yang tewas atau terluka.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT