Penjualan Semen dan Kendaraan Roda 4 Naik, Luhut: Indikasi Ekonomi Mulai Pulih
TEMPO.CO | 19/09/2020 15:35
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan pesan kepada warga muslim memasuki bulan suci Ramadan ini. Pesan yang disampaikan dalam video pendek ini diunggah di YouTube, Jumat dini hari, 24 April 2020. Youtube
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan pesan kepada warga muslim memasuki bulan suci Ramadan ini. Pesan yang disampaikan dalam video pendek ini diunggah di YouTube, Jumat dini hari, 24 April 2020. Youtube Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi RI

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan kinerja perekonomian Indonesia mulai pulih, walaupun belum seluruhnya. Salah satu indikatornya penjualan semen yang mulai meningkat.

"Sudah mencapai 94 persen dari level penjualan bulanan tahun 2019," kata Luhut dalam kuliah umum Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (yang ditayangkan di akun youtube FEB UI pada Jumat malam, 18 September 2020.

Sepanjang 2019, rata-rata penjualan semen mencapai 5,8 juta per bulan. Agustus 2020, penjualan semen sudah mencapai 5,4 juta per bulan. Selain semen, ada indikator penjualan kendaraan roda empat.

Sepanjang 2019, rata-rata penjualan per bulan adalah 85 ribu unit. Agustus 2020 sudah mulai tumbuh, tapi baru 11 persen saja atau sekitar 37 ribu. "Masih jauh di bawah 2019," kata dia.

Luhut menegaskan bahwa data-data perkembangan ekonomi ini tidak menunjukkan pemerintah mendahulukan ekonomi ketimbang kesehatan. Menurut dia, tindakan yang dilakukan semi alias proporsional, antara ekonomi dan Covid-19.

"Terlalu keras Covid ini kita kontrol, ya matilah ekonomi" kata dia. Sebaliknya jika terlalu terbuka, ekonomi bisa naik, tapi matilah manusia.

Di depan para akademisi UI, Luhut pun mengatakan saat ini hingga beberapa bulan ke depan adalah critical time. Desember 2020, Indonesia diharapkan bisa mendapatkan 40 juta vaksin Covid-19. "Yang sudah secure 30 juta," kata ia.

FAJAR PEBRIANTO


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT