Kememterian Agama Sebut Program Penceramah Bersertifikat Bersifat Sukarela, Berlaku di Semua Agama
TEMPO.CO | 17/09/2020 10:10
Kememterian Agama Sebut Program Penceramah Bersertifikat Bersifat Sukarela, Berlaku di Semua Agama
Menteri Agama Fachrul Razi (kanan) didampingi Wamenag Zainut Tauhid Saadi menyampaikan keterangan pers secara daring tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji 1441 H di Jakarta, Selasa 2 Juni 2020 Pemerintah memutuskan untuk tidak memberangkatkan jemaah haji pada 2020 untuk melindungi WNI pada masa pandemi COVID-19. ANTARA FOTO/Humas Kementerian Agama

TEMPO.CO, Jakarta - Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi membuka sosialisasi program bimbingan teknis penceramah bersertifikat. “Program ini dimaksudkan untuk meningkatkan layanan bimbingan keagamaan melalui para penceramah,” kata Zainut dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 17 September 2020.

Acara tersebut dibuka pada Rabu, 16 September 2020, dan akan berlangsung secara daring maupun luring (offline) selama tiga hari. Zainut menjelaskan, program tersebut merupakan respons pemerintah dalam menyikapi isu aktual yang mengemuka di bidang keagamaan.

Menurut dia, layanan keagamaan memiliki posisi strategis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Program ini tidak hanya untuk meningkatkan dan menguatkan kompetensi penceramah agama dari aspek materi maupun metodologi.

“Program ini juga untuk meningkatkan pemahaman nilai-nilai moderasi beragama dalam wawasan kebangsaan,” ujarnya.

Direktur Penerangan Agama Islam Juraidi sebagai panitia pelaksana acara menjelaskan, program tersebut bersifat sukarela, bukan mandatori. “Jadi sama sekali tidak dipaksakan,” kata Juraidi.

Program tersebut, kata dia, juga bukan sertifikasi penceramah. Bimbingan teknis penceramah agama Islam akan dilakukan Kementerian Agama bersama Majelis Ulama Indonesia dan ormas Islam.

Program Bimtek Penceramah Agama juga tidak hanya dikembangkan dalam agama Islam, tetapi seluruh agama. “Jadi akan ada program semacam ini juga di agama selain Islam,” ujar Juraidi.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT