Joe Biden dan Trump Saling Sindir soal Vaksin Virus Corona
TEMPO.CO | 17/09/2020 08:10
Ilustrasi vaksin COVID-19 atau virus corona. REUTERS/Dado Ruvic
Ilustrasi vaksin COVID-19 atau virus corona. REUTERS/Dado Ruvic

TEMPO.CO, Jakarta - Kandidat Presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Joe Biden, menolak peringatan yang disampaikan Presiden Donald Trump soal vaksin virus corona. Biden mendesak Trump agar memberikan waktu pada para ilmuwan dan tidak memburu-buru peluncuran vaksin virus corona.

“Biar saya perjelas. Saya percaya vaksin, saya percaya ilmuwan, hanya saja saya tidak percaya Donald Trump, begitu pula masyarakat Amerika Serikat,” kata Biden.

Mantan Wakil Presiden AS Joe Biden.[REUTERS]

Biden menyoroti upaya mempercepat vaksin yang belum rampung demi bisa mendongkrak raihan suara dalam pemilu 3 November 2020. Ucapan Biden itu dibalas oleh Presiden Trump dengan meminta Biden segera berhenti mempromosikan teori anti-vaksin.

“Itu sangat membahayakan hidup. Anda tidak bisa melakukan hal itu,” kata Trump, yang memprediksi setidaknya 100 juta dosis vaksin virus corona bisa di distribusikan pada akhir 2020.

Wabah virus corona di Amerika Serikat telah menyebabkan kematian 195 ribu orang dan jutaan orang kehilangan pekerjaan. Virus mematikan ini sekarang telah menjadi isu utama dalam kampanye-kampanye pemilu presiden Amerika Serikat.

Presiden Trump beberapa kali menyepelekan risiko Covid-19, khususnya pada awal-awal krisis akibat wabah virus corona. Hal ini pun telah mengundang kritik karena Trump dinilai telah mengabaikan. Muncul pula silang pendapat para imuwan dengan pejabat kesehatan masyarakat.

Biden pada Rabu, 16 September 2020, mengatakan sebuah vaksin hanya bisa disetujui kalau sudah memenuhi standar keamanan yang ketat.

“Terobosan dalam ilmu pengetahuan tidak mempedulikan kalender (jadwal pemilu) karena prioritasnya mengalahkan virus. Mereka (ilmuwan) jelas tidak mengikuti jadwal pemilu. Jam ilmuwan bekerja, bagaimana mereka menyetujui sebuah vaksin dan kapan pendistribusiannya tidak boleh diganggu oleh pertimbangan politik,” kata Biden.

Sebelumnya anggota parlemen dari Partai Republik yang juga seorang dokter, Brad Wenstrup, menepis segala kekhawatiran soal vaksin virus corona dengan mengatakan Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat akan mencek keamanan setiap vaksin baru atau tidak akan menyetujui sesuatu yang tidak aman dan tidak efektif.

    

 

Sumber: https://www.reuters.com/article/us-usa-election-biden/democrat-biden-outlines-coronavirus-vaccine-plan-i-dont-trust-donald-trump-idUSKBN2671NW?il=0           


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT