Italia: Putin Bakal Bentuk Komite Investigasi Usut Kasus Alexei Navalny
TEMPO.CO | 11/09/2020 06:31
Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte berbicara kepada media ketika ia mengumumkan dekrit yang akan menutup bioskop, sekolah-sekolah untuk mengendalikan virus Corona, di Roma, Italia 4 Maret 2020. [REUTERS / Remo Casilli]
Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte berbicara kepada media ketika ia mengumumkan dekrit yang akan menutup bioskop, sekolah-sekolah untuk mengendalikan virus Corona, di Roma, Italia 4 Maret 2020. [REUTERS / Remo Casilli]

TEMPO.CO, Brussel - Perdana Menteri Italia, Giuseppe Conte, mengatakan Presiden Rusia, Vladimir Putin, memberitahunya bakal membuka investigasi soal kasus serangan racun yang dialami politikus oposisi Alexei Navalny.

“Putin mengatakan kepadanya bahwa dia akan membuat komite investigasi terkait kasus Alexei Navalny dan siap berkolaborasi dengan otoritas Jerman,” begitu dilansir Reuters pada Kamis, 10 September 2020.

Ini terkait insiden yang dialami Alexei Navalny pada bulan lalu saat dia tiba-tiba pingsan dalam penerbangan dari Siberia ke Moskow.

Saat itu, tim medis dari Rusia mengatakan tidak menemukan adanya bukti racun pada tubuh Alexei Navalny.

Namun, temuan berbeda disampaikan oleh tim medis dari Jerman, yang mengatakan menemukan adanya jejak racun pada tubuh Alexei Navalny.

Pemerintah Jerman telah meminta pemerintah Rusia untuk bersikap terbuka memberikan informasi terkait insiden ini.

Apalagi Berlin dan Moskow sedang dalam proses pengerjaan proyek pipanisasi gas raksasa Nord Stream 2, yang menjadi proyek andalan pemerintah Rusia.

Ada desakan dari sejumlah kalangan agar Jerman membatalkan proyek itu meskipun sudah nyaris rampung.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo, mengatakan ada bukti kuat bahwa serangan racun terhadap Navalny merupakan perintah dari pejabat senior di Rusia.

Insiden Alexei Navalny ini memicu eskalasi ketegangan antara Rusia dan negara Barat, yang menduga serangan itu dilakukan oleh petugas keamanan Rusia dengan dukungan pejabat tinggi.

 

Sumber:

https://www.reuters.com/article/us-russia-politics-navalny-germany/navalnys-condition-improving-police-guard-stepped-up-der-spiegel-idUSKBN2610WS


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT