Kemenhan Taiwan Mengecam Aksi Pesawat Jet Tempur Cina
TEMPO.CO | 09/09/2020 22:01
Dua pesawat jet tempur Tiongkok J-10  melakukan akrobat dalam pertunjukan udara, saat China International Aviation dan Aerospace ke-11 di Zhuhai, Provinsi Guangdong, Tiongkok, 1 November 2016. REUTERS/Stringer
Dua pesawat jet tempur Tiongkok J-10 melakukan akrobat dalam pertunjukan udara, saat China International Aviation dan Aerospace ke-11 di Zhuhai, Provinsi Guangdong, Tiongkok, 1 November 2016. REUTERS/Stringer

TEMPO.CO, Jakadrta - Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan beberapa jet tempur Cina memasuki wilayah udara barat daya negara itu pada Rabu, 9 September 2020.

Pejabat kemenhan mengatakan insiden ini sebagai tindakan mengganggu stabilitas dan mengancam perdamaian regional.

Taiwan, yang diklaim oleh Cina sebagai wilayahnya, telah berulang kali mengeluhkan aktivitas militer Cina di dekat pulau itu.

Ini termasuk patroli angkatan udara Cina secara reguler. Selama ini pemerintah Cina mengatakan latihan semacam itu menunjukkan tekadnya untuk melindungi kedaulatan wilayahnya.

Dalam beberapa pekan terakhir, Cina melakukan sejumlah latihan di sepanjang pantai yang berdekatan dengan Taiwan.

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan pesawat jet tempur Su-30 dan J-10 Cina telah memasuki “zona respon” di Taiwan barat daya pada pagi ini, 9 September 2020.

“Kementerian Pertahanan sangat mengecam tindakan sepihak Cina komunis yang merusak perdamaian dan stabilitas regional,“ begitu pernyataan kemenhan Taiwan seperti dilansir Reuters pada Rabu, 9 September 2020.

Kemenhan mengatakan,“Angkatan bersenjata Taiwan dapat menanggapi dengan cepat dan tepat gerakan semacam itu.”

Pemerintah meminta warga Taiwan untuk tidak merasa gentar akibat insiden ini. 

Surat kabar Taiwan Liberty Times mengatakan militer Taiwan mengeluarkan 24 peringatan secara lisan melalui radio agar pesawat Cina itu pergi. Akan tetapi, belum ada komentar langsung dari Cina.

Militer Taiwan saat ini sedang melakukan latihan menembak di area lepas pantai tenggara dan timur negara itu.

Presiden Taiwan, Tsai Ing-wen, bulan lalu memperingatkan bahwa risiko konflik tidak disengaja meningkat karena ketegangan di Laut Cina Selatan dan sekitar Taiwan serta komunikasi harus dijaga untuk mengurangi risiko salah perhitungan.

 

 

FARID NURHAKIM | REUTERS

 

 

Sumber:

https://www.reuters.com/article/us-taiwan-china-security/taiwan-reports-multiple-chinese-fighters-to-its-southwest-idUSKBN2600ZZ


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT