Trending Bisnis: Mertua Syahrini Lepas Sahamnya di Plaza Indonesia dan Promo PLN
TEMPO.CO | 07/09/2020 06:26
Warga melintas di depan pusat perbelanjaan Plaza Indonesia di Jakarta, Selasa, 24 Maret 2020. Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Ellen Hidayat mengatakan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus COVID-19 di ruang publik, pusat p
Warga melintas di depan pusat perbelanjaan Plaza Indonesia di Jakarta, Selasa, 24 Maret 2020. Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Ellen Hidayat mengatakan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus COVID-19 di ruang publik, pusat perbelanjaan Plaza Indonesia akan tutup sementara mulai 25 Maret hingga 3 April 2020, namun tidak berlaku untuk toko yang menjual kebutuhan pokok dengan jam operasional mulai pukul 11:00 - 17:00 WIB. ANTARA

TEMPO.CO, Jakarta - Berita terpopuler ekonomi dan bisnis sepanjang hari Ahad, 6 September 2020, dimulai dari Presiden Direktur PT Plaza Indonesia Realty Tbk. Rosano Barack yang juga merupakan mertua dari artis Syahrini melepas seluruh sahamnya di perseroan.

Selanjutnya ada soal promo PLN yang menggratiskan layanan gratis bea balik nama pelanggan serta rekam jejak Purbaya Yudhi Sadewa yang digadang-gadang akan pimpin LPS. Lalu ada soal TransNusa yang berhenti operasi sementara, serba-serbi sepeda lipat buatan lokal hingga peringatan BPKN atas rencana Erick Thohir menyerahkan vaksin Covid-19 ke mekanisme pasar.

Keenam topik tersebut paling banyak menyedot perhatian pembaca di kanal Bisnis Tempo.co. Berikut selengkapnya enam berita bisnis yang trending tersebut:

1. Mertua Syahrini Raup Rp 165 M Setelah Lepas Seluruh Sahamnya di Plaza Indonesia

Presiden Direktur PT Plaza Indonesia Realty Tbk. Rosano Barack melepas seluruh sahamnya di perseroan. Mertua dari artis Syahrini tersebut melepas 44.216.600 saham atau 1,24 persen dari seluruh saham yang ditempatkan dan disetor penuh dalam perseroan. 

Hal tersebut tertuang dalam laporan perseroan yang diunggah pada keterbukaan informasi di laman Bursa Efek Indonesia pada Jumat, 4 September 2020. "Setelah transaksi menjadi nol saham atau nol persen dari seluruh saham yang ditempatkan dan disetor penuh dalam perseroan," termaktub dalam laporan yang ditandatangani Rosano.

Transaksi itu dilakukan pada 27 Agustus 2020. Adapun harga pengalihan per saham adalah Rp 3.740. Dengan demikian, Rosano meraup sedikitnya Rp 165.370.084.000 atau Rp 165,4 miliar dari transaksi tersebut.

Baca selengkapnya mengenai Plaza Indonesia di sini.

2. PLN Gratiskan Layanan Balik Nama Pelanggan Selama Sepekan

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN memberikan layanan gratis bea balik nama pelanggan. Hal itu dilakukan dalam rangka memperingati Hari Pelanggan Nasional.

Adapun pelayanan tersebut hanya dilakukan pada Senin hingga Jumat. Layanan dibuka sejak 4 September 2020, hingga 11 September 2020. 

"Nama ID Pelanggan listrik di rumah masih enggak sesuai dengan nama di KTP?? Nah, dalam semarak Hari Pelanggan Nasional 2020, PLN memberikan layanan gratis ubah/balik nama pelanggan," tulis PLN dalam akun Instagramnya @pln.id, seperti dikutip Tempo, Ahad, 6 September 2020.

Baca selengkapnya mengenai PLN di sini.

3. Rekam Jejak Purbaya Yudhi Sadewa yang Dikabarkan Bakal Pimpin LPS

Purbaya Yudhi Sadewa dikabarkan ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjadi Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS). Purbaya bakal menggantikan ketua sebelumnya yaitu Halim Alamsyah yang sudah menjabat sejak 24 September 2015.

"Benar mas," kata Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama kepada Tempo di Jakarta, Sabtu, 5 September 2020.

Saat dikonfirmasi, Purbaya masih irit bicara soal jabatan yang baru yang diamanahkan kepadanya. "Terima kasih, saat ini belum ada komentar," kata dia.

Baca selengkapnya mengenai Purbaya Yudhi Sadewa di sini.

4. Permintaan Lesu, Maskapai Penerbangan TransNusa Hentikan Operasi Sementara

Maskapai penerbangan TransNusa menghentikan sementara aktivitas operasionalnya mulai dari tanggal 8 hingga 30 September 2020. Hal ini dilakukan karena tingkat keterisian penumpang yang belum ekonomis.

Pemilik usaha TransNusa, PT TransNusa Aviation Mandiri, menyatakan, penghentian operasi tersebut juga karena mempertimbangkan kasus positif Covid-19 yang masih tinggi. "Sesuai yang di Agent News dengan pertimbangan kasus positif Covid-19 dan tingkat isian penumpang yang belum ekonomis," kata Direktur Utama TransNusa Bayu Sutanto ketika dihubungi, Ahad, 6 September 2020.

Bayu yang juga Sekretaris Jenderal Indonesia National Air Carriers Association (INACA) ini juga mengungkapkan, maskapai baru akan kembali beroperasi jika permintaan penumpang lebih baik dan ada perbaikan perkembangan kasus Covid-19. "Kami kembali beroperasi bergantung perkembangan aspek kesehatan dari Covid-19 dan permintaan penumpang (yang lebih baik)," tuturnya.

Baca selengkapnya mengenai TransNusa di sini.

5. Impor Sepeda Mulai Diatur, Berikut Beberapa Sepeda Lipat Produk Dalam Negeri

Pemerintah mulai mengatur laju sepeda impor roda dua atau tiga untuk masuk ke Indonesia lewat Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 68 Tahun 2020 Tentang Ketentuan Impor Alas Kaki, Elektronik, dan Sepeda Roda Dua dan Roda Tiga. 

Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Didi Sumedi mengatakan, 1 September 2020, beleid tersebut didorong kenaikan impor beberapa barang konsumsi secara signifikan. Kebijakan tersebut diharapkan mendorong pertumbuhan industri sepeda dalam negeri.

Di dalam negeri, berbagai produk sepeda sudah tersedia dengan harga beragam. Salah satu produk yang saat ini digandrungi, terutama di perkotaan adalah sepeda lipat.

Baca selengkapnya mengenai sepeda di sini.

6. Erick Thohir Akan Lepas Vaksin Covid-19 ke Mekanisme Pasar, BPKN: Bahaya

Ketua Komisi Pengkajian dan Pengembangan Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN), Arief Safari, menanggapi rencana Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir.

Rencana Erick Thohir yang bakal melepas vaksin Covid-19 untuk dibeli masyarakat dengan mekanisme pasar dinilai Arief akan sangat berbahaya. "Karena akan menciptakan price gouging yaitu kenaikan harga yang gila-gilaan sebagaimana kejadian pada masker dan hand sanitizer di awal-awal pandemi," kata Arief dalam siaran pers BPKN, Sabtu, 5 September 2020. 

Menurut dia, bahaya tersebut tentu harus dihindari oleh pemerintah. Yaitu, dengan menetapkan patokan harga tertinggi vaksin. Ketua BPKN Rizal E Halim menambahkan, pemerintah juga harus memastikan bahwa vaksin yang akan diberikan kepada masyarakat miskin tersebut disalurkan secara efektif. 

Sebelumnya Erick Thohir menjelaskan bahwa vaksin Covid-19 di Indonesia bakal tersedia dalam dua jenis, yakni yang bersubsidi dan non-subsidi atau mandiri. Untuk jenis mandiri, harga vaksin akan sangat bergantung kepada dinamika pasar.

Baca selengkapnya mengenai Erick Thohir di sini.

Baca: Sebelum Mertua Syahrini Lepas Saham, Plaza Indonesia Jelaskan Kinerja ke BEI


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT