Pemerintah Rusia Bantah Tuduhan Meracuni Alexei Navalny
TEMPO.CO | 03/09/2020 18:49
Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov.[REUTERS]
Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov.[REUTERS]

TEMPO.CO, Jakarta - Pemerintah Pusat Rusia membantah tuduhan berbagai negara bahwa mereka dalang di balik upaya pembunuhan Alexei Navalny. Menurut Pemerintah Rusia, tuduhan tersebut tidak berdasar.

"Tidak ada dasar atau bukti kuat untuk menuduh Rusia. Kami menolak segala tuduhan yang dilayangkan kepada kami," ujar juru bicara Pemerintah Rusia, Dmitry Peskov, dikutip dari kantor berita Reuters, Kamis, 3 September 2020.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Jerman tanpa ragu memastikan bahwa Alexei Navalny diracun.  Menurut Pemerintah Jerman, kritikus yang vokal menentang Pemerintah Rusia tersebut diracun menggunakan Novichok. Novichok sendiri adalah racun syaraf yang pernah digunakan intelijen Rusia untuk mengeliminasi target-targetnya.

Temuan baru tersebut tak ayal menimbulkan reaksi keras dari berbagai negara. Mayoritas negara mengecam penggunaan racun tersebut dan meminta mereka yang mencoba membunuh Alexei Navalny ditindak. Tidak sedikit juga yang langsung meminta pertanggungjawaban dari Rusia dan mengancam akan memberikan sanksi.

Dmitry Peskov mengatakan bahwa pemerintahanya terbuka untuk membantu investigasi kasus percobaan pembunuhan terhadap Navalny. Hal itu termasuk pertukaran data dengan Rusia. Namun, menuduh negaranya sebagai yang bertanggung jawab, menurut Peskov, terlalu berlebihan.

"Tidak ada cukup alasan untuk kemudian membahas sanksi untuk Rusia. Kami tidak paham kenapa perlu ada sanksi untuk kami," ujar Peskov yang juga menegaskan bahwa investigasi awal oleh Rusia tidak menemukan jejak Novichok di tubuh Alexei Navalny.

Secara terpisah, Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan bahwa belum ada pembahasan apapun terkait sanksi untuk Jerman. Namun, dirinya akan berkonsultasi dengan NATO soal bagaimana sebaiknya merespon kasus Alexei Navalny diracun.

"Kami akan berkonsultasi dengan rekan kami di Uni Eropa dan NATO perihal konsekuensi dari kasus ini, termasuk menimbang reaksi Rusia," ujar Menteri Keuangan Jerman, Olah Scholz, menambahkan.

ISTMAN MP | REUTERS

News link:
https://www.reuters.com/article/us-russia-politics-navalny-kremlin/kremlin-rejects-navalny-poisoning-accusations-sanctions-talk-idUSKBN25U1GW?il=0
https://www.reuters.com/article/us-russia-politics-navalny-germany-schol/german-minister-sanctions-on-russia-over-navalny-depend-on-moscow-reaction-paper-idUSKBN25U1OV?il=0


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT