Adik Kim Jong Un Pimpin Organisasi Penting Partai Pekerja
TEMPO.CO | 25/08/2020 21:42
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dibantu oleh saudara perempuannya Kim Yo Jong saat ia menandatangani dokumen di dalam Zona Demiliterisasi pada April 2018. Perempuan berusia 31 tahun ini dikabarkan telah mendapat kepecayaan absolut dari kakaknya, dan seca
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dibantu oleh saudara perempuannya Kim Yo Jong saat ia menandatangani dokumen di dalam Zona Demiliterisasi pada April 2018. Perempuan berusia 31 tahun ini dikabarkan telah mendapat kepecayaan absolut dari kakaknya, dan secara tidak resmi juga menjadi kepala staf Kim Jong Un. Reuters

TEMPO.CO, Seoul – Saudara perempuan pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un, yaitu Kim Yo Jong, diduga mengendalikan salah satu lembaga politik paling penting di negara itu.

Menteri Pertahanan Korea Utara, Jeong Kyeong-doo, mengatakan jika informasi terkonfirmasi maka itu memperkuat statusnya sebagai orang nomor dua di Korea Utara.

“Jeong mengatakan kepada anggota parlemen di Majelis Nasional bahwa Kim Yo Jong sekarang sepertinya memimpin Departemen Panduan dan Organisasi Partai Pekerja Korea Utara,” begitu dilansir CNN pada Selasa, 25 Agustus 2020.

Lembaga ini bertugas melakukan indoktrinasi, organisasi partai dan penunjukan jabatan politik.

Para ahli mengatakan organisasi itu juga bertanggung jawab untuk memonitor sekitar 3 juta anggota Partai Pekerja Korea.

Ini dilakukan untuk memastikan mereka loyal kepada Kim Jong Un dan menghormati ajaran rezim Korea Utara.

Kim Yo Jong telah menjadi salah satu pembantu terpercaya dari Kim Jong Un. Dia sebelumnya bekerja sebagai salah satu ahli propaganda Korea Utara. Kim Yo Jong juga menjadi anggota politbiro.

Pernyataan Menteri Jeong ini tampaknya sejalan dengan hasil analisis dan kesimpulan dari Layanan Intelijen Nasional Korea Selatan. Isinya adalah Kim Jong Un telah memutuskan mendelegasikan lebih banyak kekuasaannya kepada sejumlah pejabat senior termasuk Kim Yo Jong untuk mengurangi beban kerjanya.

 

Sumber:

https://edition.cnn.com/2020/08/25/asia/kim-yo-jong-ogd-intl-hnk/index.html

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT