Pejabat Tinggi Korea Selatan dan Cina Bahas Isu Denuklirisasi
TEMPO.CO | 23/08/2020 11:42
Diplomat senior Cina, Yang Jiechi (kanan), dan penasehat keamanan nasional Korea Selatan, Suh Hoon, bertemu di Kota Busan, pada Sabtu, 22 Agustus 2020. Reuters
Diplomat senior Cina, Yang Jiechi (kanan), dan penasehat keamanan nasional Korea Selatan, Suh Hoon, bertemu di Kota Busan, pada Sabtu, 22 Agustus 2020. Reuters

TEMPO.CO, Seoul – Pemerintah Korea Selatan menggelar pertemuan tingkat tinggi dengan diplomat senior Cina pada Sabtu, 22 Agustus 2020 untuk membahas denuklirisasi.

Pertemuan pertama kedua negara sejak merebaknya Covid-19 ini juga membahas soal penanganan Covid-19.

“Ini merupakan kunjungan pertama delegasi tingkat tinggi Cina ke Korea Selatan,” begitu dilansir Reuters pada Sabtu, 22 Agustus 2020.

Delegasi Cina dipimpin oleh Yang Jiechi, yang merupakan anggota politbiro dari Partai Komunis Cina.

Sedangkan delegasi Korea Selatan dipimpin oleh penasehat keamanan nasional baru yaitu Suh Hoon. Pertemuan berlangsung di Kota Busan, yang merupakan kota pelabuhan.

Korea Selatan dan Cina juga membahas soal akselerasi perdagangan bebas, pertukaran budaya dan pemilihan direktur jenderal WTO atau Organisasi Perdagangan Dunia.

Juru bicara kantor kepresidenan Korea Selatan, Kang Min-seok, mengatakan Yang juga menjelaskan posisi Cina terkait hubungan dengan Amerika. Sedangkan Suh menekankan pentingnya kerja sama dengan AS dan Cina untuk perdamaian dan kesejahteraan di Asia timur laut.

Suh, yang merupakan bekas kepala intelijen Korea Selatan, juga menanyakan soal rencana kunjungan Presiden Xi Jinping ke negaranya. Soal ini, Yang mengatakan kunjungan akan terjadi setelah pandemi Covid-19 tertangani dengan baik.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT