Peringati 1 Muharram 1442, Anies: Pergantian Tahun Baru Bermasker Satu-satunya
TEMPO.CO | 20/08/2020 08:31
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan usai melaksanakan upacara HUT Kemerdekaan RI di Balai Kota DKI, 17 Agustus 2020. Tempo/Imam Hamdi
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan usai melaksanakan upacara HUT Kemerdekaan RI di Balai Kota DKI, 17 Agustus 2020. Tempo/Imam Hamdi

TEMPO.CO, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menganggap Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1442 Hijriah merupakan satu-satunya yang diperingati dengan cara menggunakan masker. "Saya rasa ini pergantian tahun bermasker satu-satunya, sepanjang perjalanan usia kita, ya baru sekarang kita pakai masker terus menerus," kata Anies dalam sambutan Tahun Baru Islam seusai salat subuh berjamaah di Masjid Raya Pondok Indah, Jakarta Selatan, Kamis, 20 Agustus 2020 yang disiarkan langsung melalui Zoom itu.

Anies mengatakan, virus Corona menular melalui interaksi. Untuk mengurangi penularan virus itu, kata dia, maka masyarakat harus mengurangi interaksi. Namun menurut dia, mengurangi interaksi pasti akan berdampak pada ekonomi, sosial, bahkan agama.

"Selama belum ada vaksin, maka vaksin kita adalah masker." Anies mengingatkan para jamaah untuk selalu patuh menggunakan masker.

Penggunaan masker bukan hanya bentuk perlindungan terhadap diri sendiri. Namun, kata dia, mengenakan masker juga merupakan cara menghormati dan menghargai orang lain di saat ini.

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT