Kasus Kebakaran di Sawah Besar, Sebanyak 24 Rumah Dilalap Jago Merah
TEMPO.CO | 19/08/2020 07:38
Ilustrasi. TEMPO/Firman Hidayat
Ilustrasi. TEMPO/Firman Hidayat

TEMPO.CO, Jakarta -Sebanyak 24 rumah ludes dilalap api pada insiden kebakaran di pemukiman padat penduduk Jalan Kartini X B Dalam RT 003/009 Kelurahan Kartini, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat. Kebakaran itu terjadi pada Selasa malam pukul 22.50 WIB.  

"Unit tiba di lokasi api sudah membesar dan perambatan masih memungkinkan, sebanyak 13 unit berikut unit pendukung kami kerahkan kelokasi kejadian," ujar Perwira Piket Sudin Damkar Jakarta Pusat M Taufik dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 19 Agustus 2020. 

Setelah berjibaku dengan api selama 1 jam lebih, Taufik mengatakan pihaknya berhasil menguasai dan memblokir api, sehingga tidak merambat ke bangunan lainnya. Ia mengatakan proses pemadaman baru benar-benar tuntas pukul pada 01.20 WIB, Rabu dini hari tadi.

Akibat insiden kebakaran itu, sebanyak 24 bangunan rumah tinggal dari 2 RT dan RW hangus terbakar. Hal ini mengakibatkan 91 orang jiwa harus mengungsi. 

Mengenai penyebab kebakaran, api diduga berasal dari korsleting listrik. Pemukiman padat dan semipermanen menyebabkan api cepat merambat.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT