20 Agustus 2020, Pesawat Jet Kembali Beroperasi di Bandara Husein Sastranegara
TEMPO.CO | 17/08/2020 12:32
Sejumlah calon penumpang memasuki terminal baru Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat, 6 April 2016. Terminal baru ini bertema "Modern with Traditional Nuances Airport". TEMPO/Aditya Herlambang Putra
Sejumlah calon penumpang memasuki terminal baru Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat, 6 April 2016. Terminal baru ini bertema "Modern with Traditional Nuances Airport". TEMPO/Aditya Herlambang Putra

TEMPO.CO, Jakarta - Sejumlah maskapai rute domestik berjadwal untuk pesawat jenis armada jet akan kembali beroperasi di Bandara Husein Sastranegara setelah sempat dialihkan ke Bandara Internasional Jawa Barat atau Bandara Kertajati. Pengoperasian ini dilakukan mulai 20 Agustus 2020.

“Sesuai surat Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Nomor AU.004/3/20/DRJU.DAU.2020, Bandara Husein Sastranegara dapat melayani penerbangan berjadwal rute domestik dengan pesawat baling-baling dan jet untuk rute dari/ke Medan, Pekanbaru, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Denpasar dan Makassar,” ujar President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin dalam keterangannya, Senin, 17 Agustus 2020.

Kebijakan tersebut diklaim dilakukan untuk meningkatkan pelayanan  kepada masyarakat. Di samping itu, penerbangan armada jet komersial di Bandara Bandung digadang-gadang bisa mendukung pemulihan aktivitas ekonomi dan pariwisata di masa pandemi. 

Executive General Manager Bandara Husein Sastranegara Iwan Winaya Bahdar menuturkan, bandaranya terakhir kali melayani penerbangan jet pada Juni 2019. Kala itu, seluruh penerbangan pesawat komersial dengan armada jet dialihkan ke Bandara Kertajati. "Di tengah pandemi ini, regulator kembali melakukan penataan rute,” katanya.

Adapun maskapai yang sudah mengkonfirmasi akan kembali mengoperasikan pesawat jetnya di Bandara Husein Sastranegara adalah Lion Air untuk rute dari dan ke Medan, Denpasar, Balikpapan, serta Makassar. Lalu, Citilink untuk rute dari dan ke Palembang, Pekanbaru, Denpasar, Medan, serta Banjarmasin.

Selain penerbangan jet domestik, Bandara Husein Sastranegara dapat melayani penerbangan berjadwal luar negeri, penerbangan tidak berjadwal dalam dan luar negeri, serta penerbangan bukan niaga dalam dan luar negeri.

Baca juga: Pemerintah Siapkan Skenario Pengganti Tes Covid Penerbangan


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT