Refleksi Hari Kemerdekaan, Antara Pandemi dan Pendidikan
TEMPO.CO | 11/08/2020 00:01
Y.A.I Campus memberikan Beasiswa Hari Merdeka sebesar 45% untuk putra-putri bangsa Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Diploma dan Sarjana.
Y.A.I Campus memberikan Beasiswa Hari Merdeka sebesar 45% untuk putra-putri bangsa Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Diploma dan Sarjana.

INFO BISNIS-- Memasuki Agustus, setiap tahunnya seluruh rakyat Indonesia bersiap menyambut hari yang sangat istimewa yaitu Hari Kemerdekaan Indonesia yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus. Tepat 75 tahun silam, para pemimpin bangsa berkumpul dan presiden pertama Indonesia yakni Ir. Soekarno bersama Muhamad Hatta menyatakan kemerdekaan Indonesia dengan ditandai pembacaan naskah proklamasi.

Momentum ini mengingatkan bangsa Indonesia pada sejarah perjuangan pahlawan bangsa yang rela mengorbankan jiwa dan raganya demi kemerdekaan Indonesia. Selain itu, serangkaian kejadian pada masa sebelum proklamasi, mengajarkan bangsa Indonesia untuk senantiasa bersyukur atas nikmat kemerdekaan dan dapat terbebas dari penjajahan negara lain.

Gegap gempita perayaan hari kemerdekaan Indonesia biasanya berlangsung dengan sangat meriah di seluruh penjuru Tanah Air. Ketika hari kemerdekaan tiba akan begitu banyak kegembiraan dan masyarakat berkumpul untuk melakukan banyak aktivitas seperti perlombaan atau pertandingan antar wilayah.

Namun perayaan kemerdekaan tahun ini akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya mengingat Indonesia tengah dilanda pandemi Covid-19. Selama pandemi berlangsung, menjaga jarak fisik (physical distancing) dari orang lain merupakan salah satu protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah Indonesia. Hal ini sangat penting guna memutus mata rantai penyebaran dan mengurangi resiko penularan Covid-19.

Pada peringatan 75 tahun kemerdekaan tahun ini, perayaan Hari Kemerdekaan akan meminimalisir pertemuan orang secara langsung dan lebih banyak dialihkan dalam acara virtual. Indonesia menerapkan pembatasan ini agar orang tidak saling kontak satu sama lain.

Seluruh elemen bangsa dalam hal ini, perlu mengingat bahwa momentum Hari Kemerdekaan dapat dirayakan dengan berbagai cara yang mungkin terlihat berbeda dari tahun sebelumnya namun secara substansi tetap sama. Substansi utama dalam setiap perayaan Hari Kemerdekaan sejatinya adalah kontribusi atau partisipasi publik untuk menumbuhkan dan membangkitkan semangat serta jiwa nasionalisme.

Salah satu elemen bangsa dalam hal ini Yayasan Administrasi Indonesia melalui Lembaga Pendidikan Tinggi Y.A.I atau lebih dikenal dengan nama Y.A.I Campus, turut berpartisipasi dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Y.A.I Campus memandang bahwa pendidikan merupakan cita-cita bangsa Indonesia sekaligus aspek penting sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan. Melalui pendidikan bangsa Indonesia dapat terbebas dari belenggu kebodohan dan penjajahan.

Untuk itu, pemerataan dan ketersediaan akses pendidikan dewasa ini dapat dikatakan sebagai wujud kemerdekaan yang perlu untuk terus digaungkan oleh seluruh elemen bangsa.

Di tengah pandemi Covid-19 ini, dunia pendidikan tetap harus tumbuh dan mendapatkan perhatian utama karena pendidikan merupakan investasi jangka panjang bagi generasi muda agar tetap mampu bersaing dengan bangsa lain di masa depan. Untuk itu, dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75, Y.A.I Campus berkomitmen untuk mewujudkan makna kemerdekaan dengan cara memberikan kemudahan akses pendidikan bagi seluruh elemen bangsa Indonesia.

Y.A.I Campus memberikan Beasiswa Hari Merdeka sebesar 45 persen untuk putra-putri bangsa Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Diploma dan Sarjana. Beasiswa ini berlaku terhitung sejak tanggal 01 sampai dengan 20 Agustus 2020 untuk seluruh calon mahasiswa yang melakukan pendaftaran baik offline maupun online.

Selain itu, Y.A.I Campus juga menawarkan Beasiswa Akademik dan Nonakademik untuk calon mahasiswa yang memiliki prestasi akademik maupun prestasi non-akademik seperti prestasi di bidang olahraga maupun prestasi di bidang seni. Informasi lebih lanjut, dapat menghubungi Call Center Front Office Y.A.I Campus di nomor 0878-5333-1972. (*)


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT