2 Calon Deputi Gubernur BI yang Fit and Proper Test Hari Ini
TEMPO.CO | 07/07/2020 09:47
Ilustrasi atau Logo Bank Indonesia. REUTERS/Iqro Rinaldi/File Photo
Ilustrasi atau Logo Bank Indonesia. REUTERS/Iqro Rinaldi/File Photo

TEMPO.CO, Jakarta - Ketua Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat Dito Ganinduto mengatakan Komisi XI akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan calon deputi gubernur Bank Indonesia, hari ini, Selasa, 7 Juli 2020. Menurutnya, uji kelayakan dan kepatutan deputi gubernur BI tersebut dilakukan pukul 10.00 secara terbuka.

"Hari ini Juda dan bu Aida, terbuka," kata Dito saat dihubungi, Selasa, 7 Juli 2020.

Adapun terdapat tiga calon deputi gubenur BI, yaitu Juda Agung, Aida S Budiman, dan Doni Primanto Joewono. Mereka merupakan kandidat deputi yang diusulkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk dipilih DPR. Salah satu dari mereka akan menggantikan Erwin Rijanto yang masa jabatannya berakhir 17 Juni.

Juda saat ini menjabat sebagai Asisten Gubernur, Kepala Departemen Kebijakan Makroprudensial, Bank Indonesia. Sebagai asisten Gubernur, dia membawahi Stabilitas Sistem Keuangan dan Kebijakan Makroprudensial. Pria kelahiran 16 Agustus 1964 ini meraih gelar PhD di University of Birmingham, UK dengan tesis “Financial Deregulation and Monetary Policy in Indonesia”.

Sedangkan Aida saat ini juga merupakan Asisten Gubernur, Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter. Dia bertugas untuk mendukung Dewan Gubernur dalam mengkoordinasi kebijakan strategis di sektor moneter (Kebijakan Moneter dan Internasional) dan pengelolaan sumber daya manusia Job Family Moneter, termasuk di kantor perwakilan dalam negeri.

Wanita kelahiran 18 April 1965 ini meraih gelar Ph.D di Claremont Graduate University, Claremont-CA, Amerika Serikat dengan spesialisasi international money and finance.

Dan kandidat ketiga, Doni saat ini menjabat sebagai Kepala Departemen Sumber Daya Manusia BI dan merupakan Direktur Eksekutif. Dia pernah menjabat sebagai Kepala Kantor Perwakilan BI Jawa Barat dan Kepala Kantor Perwakilan BI DKI Jakarta.

HENDARTYO HANGGI


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT