Pandemi, Mungkinkah Tes SKB CPNS Digelar Online di Rumah Peserta?
TEMPO.CO | 05/07/2020 14:45
Seleksi CPNS Kemnaker di Kantor Regional VI BKN Medan, Sumatera Utara pada Kamis, 30 Januari 2020.
Seleksi CPNS Kemnaker di Kantor Regional VI BKN Medan, Sumatera Utara pada Kamis, 30 Januari 2020.

TEMPO.CO, Jakarta - Tahapan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS formasi tahun 2019 rencananya bakal dimulai pada akhir Agustus 2020, di tengah pandemi Covid-19. Namun, sejauh ini, belum ada rencana pemerintah untuk menerapkan tes CPNS secara online di rumah masing-masing peserta, terutama di daerah yang masih berstatus merah.

Salah satu kendalanya ada pada jaringan internet. Sebab, tes SKB harus membutuhkan jaringan internet yang stabil. "Jaringan internet di masing-masing daerah belum tentu sama," kata Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas BKN Paryono saat dihubungi di Jakarta, Minggu, 5 Juli 2020.

Selain itu, kata Paryono, masalah juga ada pada akuntabilitas pengerjaan tes online oleh peserta. "Bagaimana memastikan tes dikerjakan sendiri oleh peserta atau orang lain," kata dia.

Seleksi CPNS formasi tahun 2019 ini seharusnya selesai pada Mei lalu. Namun tahapan seleksi tertunda karena wabah Covid-19. Adapun tahapan terakhir yang sudah digelar adalah ujian seleksi kompetensi dasar (SKD) yang dimulai 27 Januari dan berakhir 10 Maret 2020.

Untuk itu, SKB CPNS kemungkinan tetap akan dilakukan seperti biasa di lokasi yang sudah ditentukan. Namun, protokol kesehatan dan pembatasan peserta di dalam ruang tes akan tetap dilakukan.

Salah satu lokasi seleksi adalah Kantor BKN sendiri di Jakarta Timur. Saat SKD, kata Paryono, daya tampung peserta di kantornya mencapai 100 orang. Sehingga, bisa diatur agar menjadi separuhnya yaitu 50 orang saja. "Kalau masih mau 100 orang, bisa dipindahkan ke ruangan lain," kata dia.

Meski demikian, Surat Edaran (SE) lengkap untuk pelaksanaan SKB CPNS 2019 ini sedang disusun. Nantinya, SE aja keluar bersamaan degan tanggal pasti pelaksanaan tes CPNS.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT