Maman PKB: Menkes Terawan Layak Diganti, Lebih Pantas Jadi Kiai
TEMPO.CO | 04/07/2020 12:43
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto (kanan) meninjau fasilitas baru RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo untuk penanganan pasien corona (COVID-19) yang baru saja diluncurkan di Jakarta, Kamis 30 April 2020. Kapasitas ruangan untuk penanganan pasien corona RS t
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto (kanan) meninjau fasilitas baru RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo untuk penanganan pasien corona (COVID-19) yang baru saja diluncurkan di Jakarta, Kamis 30 April 2020. Kapasitas ruangan untuk penanganan pasien corona RS tersebut bertambah dari sebelumnya dilakukan di tiga lantai Gedung Kiara (lantai 1, 2, dan 6) menjadi empat lantai dengan tambahan di lantai 4. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

TEMPO.CO, Jakarta -Anggota DPR RI Fraksi PKB, Maman Imanulhaq menilai Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto adalah anggota kabinet yang paling layak diganti oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi melalui rombak kabinet. "Pantasnya menjadi kiai, Menkes itu," ujar Maman dalam diskusi daring pada Sabtu, 4 Juli 2020.

Selama pandemi Covid-19, Terawan memang kerap mengingatkan agar masyarakat banyak-banyak berdoa supaya dihindarkan dari virus ini.

Selain Menteri Kesehatan, Maman menilai Menteri Pendidikan Nadiem Makarim juga layak diganti. "Menteri pendidikan itu sangat harus digarisbawahi bahwa belajar jarak jauh itu tidak menyelesaikan masalah."

Isu rombak kabinet ramai dibicarakan setelah video kemarahan Presiden Jokowi terhadap jajaran menterinya diunggah pada 28 Juni lalu di Youtube resmi Sekretariat Presiden atau 10 hari setelah pidato itu disampaikan dalam Sidang Kabinet Paripurna pada 18 Juni 2020.

Dalam video berdurasi 10 menit itu, Jokowi menegur keras jajaran menterinya yang disebutnya belum satu perasaan mengenai sense of crisis terhadap Covid-19. Jokowi mengatakan tak ada kemajuan signifikan yang dilakukan para menterinya dalam menanggulangi pandemi ini. Jokowi mengancam akan membubarkan lembaga atau merombak kabinetnya jika diperlukan.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mardani Ali Sera menyampaikan bahwa partainya sangat menunggu keputusan presiden untuk rombak kabinet. Mardani bahkan memberi Jokowi tenggat waktu merombak kabinet dalam sepekan. "Kalau dalam seminggu ini enggak ada kabar, berarti Pak Jokowi cuma omdo (omong doang)," ujar Mardani dalam diskusi daring, Sabtu, 4 Juli 2020.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT