CFD di Jalan Pemuda, Simak Rekayasa Lalu Lintas di Jaktim
TEMPO.CO | 27/06/2020 19:52
Warga mengayuh sepedanya di Jalan Benyamin Sueb, Jakarta, Sabtu, 27 Juni 2020. Pemprov DKI Jakarta telah menetapkan 32 lokasi baru Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) untuk menggantikan HBKB yang ditiadakan di Jalan Sudirman-Thamr
Warga mengayuh sepedanya di Jalan Benyamin Sueb, Jakarta, Sabtu, 27 Juni 2020. Pemprov DKI Jakarta telah menetapkan 32 lokasi baru Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) untuk menggantikan HBKB yang ditiadakan di Jalan Sudirman-Thamrin mulai Minggu, 28 Juni. Lokasi tersebut diantaranya Jalan Pejagalan Raya, Jalan Pemuda, Jalan Benyamin Sueb, Jalan Gadjah Mada dan JLNT Antasari. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

TEMPO.CO, Jakarta -Suku Dinas Perhubungan Jakarta Timur memberlakukan rekayasa lalu lintas saat Car Free Day atau CFD perdana di Jalan Pemuda, Minggu pagi, 28 Juni 2020.

"Selain di Jalan Pemuda sebagai lokasi car free day, rekayasa lalin juga kita berlakukan di empat jalan umum lainnya yang menjadi fasilitas olah raga," kata Kasi Operasional Sudinhub Jakarta Timur, Riky Erwinda di Jakarta, Sabtu.

Empat ruas jalan yang menjadi lokasi olahraga adalah Jalan Raden Inten II, Jalan Bina Marga, Jalan Inspeksi Banjir Kanal Timur (BKT) serta Jalan RA Fadhillah mulai pukul 06.00-10.00 WIB.

CFD di Jalan Pemuda digelar sepanjang 1,6 kilometer mulai dari simpang Jalan Pemuda menuju Velodrome hingga simpang Jalan Raya Bekasi menuju Pemuda.

Pengendara yang melintas dari arah timur ke barat dapat memanfaatkan jalur alternatif Jalan Raya Bekasi-Palad-Taruna-Pulo Asem Utara Raya-Kayu Putih-Balap Sepeda-Velodrome.

Atau melalui Jalan Bekasi Timur Raya-Jatinegara Kaum-Persahabatan Timur-Cipinang Baru Utara-Pegambiran-Paus. Kendaraan arah sebaliknya melintasi Jalan Velodrome-Balap Sepeda-Kayu Putih-Kayu Putih Selatan-Taruna-Palad-Raya Bekasi. Atau Jalan Persahabatan Timur-Paus-Perserikatan-Alu-Alu-Jatinegara Kaum-Bekasi Timur Raya.

Untuk lokasi olahraga di Jalan Raden Inten II digelar sepanjang 2,3 kilometer mulai dari simpang Jalan Kolonel Sugiono menuju RS Soekanto dan Simpang Kalimalang menuju Raden Inten II.

Jalur alternatif yang bisa ditempuh bagi pengendara dari utara ke selatan atau sebaliknya melintasi Jalan Kolonel Sugiono-Laut Arafuru-H. Dogol-Rawa Domba-Swadaya Raya-Raya Kalimalang atau sebaliknya. "Alternatif lain bisa lewat Jalan RS Soekanto-Pondok Kelapa Raya-Raya Kalimalang atau sebaliknya," katanya.

Kegiatan olahraga di Jalan Bina Marga digelar sepanjang 1,1 kilometer mulai dari simpang Jalan Pintu Air hingga simpang Jalan Cipayung Raya. Jalur Alternatif yang ditempuh dari utara ke selatan melalui Jalan Bina Marga-Mandor Hasan-Tengki-Cipayung Raya.

Kendaraan dari selatan ke utara melalui Jalan Cipayung Raya-Raya Ciracas-Raya Centex-Tanah Merdeka Selatan. Untuk lokasi olahraga di Jalan RA Fadhilah digelar dari simpang Jalan Jati hingga simpang Jalan Masalembo sepanjang 2,9 kilometer.

Jalur Alternatif dari arah barat ke timur atau sebaliknya melalui Jalan Jati-Raya Bogor-Kalisari Raya-H Hasan atau sebaliknya. Terakhir adalah lokasi olahraga di Jalan Inspeksi BKT di sepanjang jalur sepeda mulai dari simpang Pondok Kopi hingga simpang Raden Inten II sepanjang 2,3 kilometer.

"Tidak ada penutupan ruas jalan karena kami akan menggunakan jalur sepeda. Kendaraan bermotor tetap bisa melewati Jalan RS Soekanto tanpa pengalihan arus lalu lintas," ujar Riky.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT