14 Pedagang Pasar Rawa Kerbau Positif Covid-19 Berdasar Tes Swab, Semua tanpa Gejala
TEMPO.CO | 11/06/2020 11:10
14 Pedagang Pasar Rawa Kerbau Positif Covid-19 Berdasar Tes Swab, Semua tanpa Gejala
Warga mengikuti test swab Covid-19 pada acara Program BNI Berbagi Swab Test gratis di Jakarta, Rabu, 20 Mei 2020. Petugas pengambil sampel dilengkapi dengan bilik pelindung dan pakaian APD. ANTARA/Muhammad Adimaja

TEMPO.CO, Jakarta - Sebanyak 14 pedagang di Pasar Rawasari atau Pasar Rawa Kerbau di Cempaka Putih, Jakarta Pusat, positif Covid-19 berdasarkan hasil tes usap (swab test). 

"Jadi benar ada 14 sekarang pedagang di Pasar Rawasari yang positif Covid-19. Itu secara keseluruhan. Jadi yang di-swab test  hari Kamis ditemukan positif 1, Jumat positif 1, lalu Senin 12 orang," kata Kepala Puskesmas Kecamatan Cempaka Putih Dicky Alasdik saat dihubungi, Kamis 11 Juni 2020.

Temuan 14 pedagang positif Covid-19 itu terungkap berdasarkan tes usap terhadap 202 orang di Puskesmas Kecamatan Cempaka Putih.

Dari 14 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu, sebagian berdomisili di Cempaka Putih. "Ada yang domisilinya di luar Cempaka Putih, ada pedagang yang domisilinya di Cakung. Kita koordinasi dengan Puskesmas Kecamatan di domisili mereka. Untuk penanganan lebih lanjut biar petugas medis di lokasi mereka tinggal saja," kata Dicky.

Seluruh pedagang itu dalam kondisi baik meski positif Covid-19, dan tidak memiliki gejala atau disebut sebagai Orang Tanpa Gejala (OTG).

"Mereka kami swab test pada saat benar-benar lagi berdagang, lagi pada santai, jadi memang tanpa gejala. Mereka juga kan ga sadar, tau-tau positif," kata Dicky.

Dicky mengatakan para pedagang Pasar Rawasari yang berdomisili di Cempaka Putih memilih untuk melakukan isolasi mandiri sehingga tidak ada yang dirujuk ke RS Darurat Wisma Atlet.

"Dengan catatan kami terus awasi, Satgas Covid-19 di tingkat RT/RW yang melakukan pengawasan. Itu  nanti berhubungan juga untuk penyaluran bantuan makanan dari Sudin Sosial karena mereka isolasi mandiri otomatis nggak boleh keluar rumah," kata Dicky.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT